Minggu, 18 Oktober 2020 10:50

Editorial

Gaduh Pose Rospita

Gaduh Pose Rospita

Tuntutan publik sederhana. Agar jelas sikap Bawaslu dan kepegawaian berdiri netral. Tidak berpihak dan tegas dalam menegakkan aturan.

MAKASSAR, PEDOMANMEDIA - Pose dua jari Rospita Napa memicu perdebatan. Rospita yang berstatus ASN dinilai telah terlibat kampanye aktif dengan memberi simbol dukungan pada pasangan Nico-Victor (NiVi) yang maju di Pilkada Tator.

Namun kubu NiVi menampiknya. Victor Datuan Batara bahkan mengatakan Rospita boleh kampanye karena sedang cuti di luar tanggungan negara. Tapi ini disanggah Bawaslu.

Bawaslu menyatakan Rospita boleh mendampingi suaminya berkampanye. Tapi harus bersikap pasif. Tidak dibolehkan menyampaikan dukungan secara verbal maupun isyarat jari.

Baca Juga

Masalah kemudian mencuat saat beredar foto Rospita mengacungkan dua jari. Ia melakukan swafoto dengan suaminya, Nicodemus bersama simpatisan NiVi. Simbol dua jari sendiri diidentikkan dengan nomor urut 2 untuk pasangan NiVi.

Perdebatan meruncing. Publik mempertanyakan independensi Bawaslu dalam menyikapi Rospita.

KPU sendiri menegaskan aturan cuti dan kampanye ASN sudah jelas dalam surat edaran Menpan RB. Karenanya pose Rospita harus dikembalikan ke ranah kepegawaian.

Publik menuntut Bawaslu dan kepegawaian turun tangan. Paling tidak dua lembaga ini menunjukkan sikap proaktif dalam membuka kebenaran dari pose Rospita.

Tuntutan publik sederhana. Agar jelas sikap Bawaslu dan kepegawaian berdiri netral. Tidak berpihak dan tegas dalam menegakkan aturan.

Sikap tegas Bawaslu juga untuk menunjukkan bahwa lembaga ini tidak dalam kontrol kekuasaan. Mengingat saat ini Pilkada Tator masih diikuti oleh pasangan petahana.

Jika pose Rospita ini didiamkan justru bisa menimbulkan persepsi negatif. Karena ini jelas menodai kemurnian demokrasi. Bisakah ini menjadi cerminan sikap tegas Bawaslu dan kepegawaian?

Nah kita tunggu.

Editor : Muh. Syakir
#Editorial #Rospita Napa #Nicodemus Biringkanae #NiVi #Pilkada Tator
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer