Minggu, 27 Juni 2021 08:49

Waspada, Varian Delta Banyak Serang Anak, Disebut 10 Kali Lebih Menular

Ilustrasi (int)
Ilustrasi (int)

Gejala ini harus ditangkap sebagai hal yang mengkhawatirkan. Ini memberi gambaran mengenai tingkat penyebarannya yang 10 kali lebih cepat.

JAKARTA, PEDOMANMEDIA - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengingatkan ekskalasi bahaya Corona varian Delta yang kini banyak menyerang anak. Mutasi baru ini diperkirakan memiliki potensi penularan 10 kali lebih cepat.

Ketua Umum PB IDI Daeng M Faqih mengungkapkan, lonjakan kasus Corona dalam dua bulan terakhir jauh melampaui rata rata kenaikan pada Januari dan Februari lalu. Kenaikan dipicu oleh mutasi varian Delta yang menyerang lebih cepat.

"Januari lalu penyebaran itu butuh sampai 3 bulan untuk mencapai penambahan 15 ribu kasus. Sekarang dua minggu sudah menembus 20 ribu," jelas Daeng.

Baca Juga

Menurut Daeng, gejala ini harus ditangkap sebagai hal yang mengkhawatirkan. Virus varian baru ini memberi gambaran mengenai tingkat penyebarannya yang bisa sampai 10 kali lebih cepat.

Usia anak yang sebelumnya lebih kebal terhadap Covid-19, kini malah menjadi objek penularan cukup tinggi. Pada anak, gejala juga dirasakan lebih berat.

"Karakteristik virusnya luar biasa, mutasinya cepat dan sekali mutasi ini akan menimbulkan strain baru yang lebih cepat menularkan, bahkan mungkin yang Delta ini 10 kali lebih cepat penularannya," jelas Daeng.

Karenanya harus ada upaya lebih ketat dari sebelumnya agar penyebaran bisa ditangkal. Bukan sekadar imbauan tapi juga penekanan dalam protokol kesehatan ketat.

Tak hanya itu, kasus OTG Corona juga terus meningkat. Namun, sulit diidentifikasi berapa banyak kasus tanpa gejala dan tersebar di mana saja.

Daeng menekankan, perlu ada pembatasan mobilitas yang ketat, apapun namanya, sesuai dengan pedoman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Jika penanganan COVID-19 di sisi hulu seperti penerapan protokol kesehatan, pembatasan mobilitas tak berjalan baik, akan sulit wabah COVID-19 segera terkendali.

 

Editor : Muh. Syakir
#PB IDI #Corona Varian Delta
Berikan Komentar Anda