Minggu, 18 Oktober 2020 20:32

Kabar Buruk Bagi Rospita Napa, Pose "Dua Jarinya" Dilapor ke Kemenpan RB

Alharis Tandi Linggi
Alharis Tandi Linggi

Alharis mengatakan selain akan membawa foto Rospita ke Kemenpan RB dan KASN, ia juga berharap Bawaslu turun tangan. Sejauh ini ia menilai Bawaslu tak menunjukkan sikap serius.

TATOR, PEDOMANMEDIA - Ketua Lembaga Pemantau Percepatan Pembangunan (LP3) Alharis Tandi Linggi' bakal membawa kasus pose dua jari Kadis Pariwisata Tator Rospita Napa ke Kemenpan RB dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). LP3 akan melaporkan Rospita ke dua lembaga itu karena Bawaslu dinilai tak tanggap.

"Saya akan membawa kasus ini ke KASN dan Kemenpan RB agar Rospita Napa diperiksa. Dia sudah teran-terangan angkat jari yang memihak ke salah satu paslon," tandas Alharis kepada PEDOMANMEDIA, Minggu (18/10/2020).

Menurut Alharis, dalam surat edaran Menpan RB jelas diatur bahwa ASN yang cuti untuk mendampingi suami berkampanye harus bersikap pasif. Tapi Rospita menunjukkan sikap aktif. Ia mengacungkan dua jari sebagai simbol dukungan terhadap pasangan nomor urut 2.

Baca Juga

Dikatakan Alharis, soal dalih kubu pasangan Nico-Victor yang menyebut pose dengan mengacungkan dua jari tak bisa ditafsirkan sebagai bentuk dukungan, akan diuji nanti di Kemenpan RB. Alharis mempersilakan melakukan pembelaan.

Hanya saja ada beberapa fakta yang bisa menunjukkan bahwa itu bentuk kampanye. Pertama itu dilakukan Rospita di masa-masa kampanye. Kedua, swafoto dilakukan bersama simpatisan Nico-Victor.

Alharis mengatakan selain akan membawa foto Rospita ke Kemenpan RB dan KASN, ia juga berharap Bawaslu turun tangan. Sejauh ini ia menilai Bawaslu tak menunjukkan sikap serius.

"Saya tegaskan kalau dalam waktu dekat Bawaslu tidak bertindak maka saya akan adakan aksi (demo Bawaslu)," ketusnya.

Alharis meminta Bawaslu bersikap independen dan tidak tebang pilih. Menurutnya ini bisa menjadi preseden buruk bagi Bawaslu.

"Seharusnya kan Bawaslu menunjukkan sikap serius. Begitu ada foto yang beredar harus disikapi. Begitu juga Sekda Tator harus memanggil Rospita karena dia pembina kepegawaian. Ini domain sekda," imbuhnya.

Sebelumnya dalam foto yang beredar terlihat jelas Rospita Napa mengacungkan dua jari sebagai bentuk dukungan pada pasangan Nico-Victor. Dalam foto iti Rospita diapit suaminya, Nicodemus Biringkanae yang merupakan cabup petahana.

Ketua Bawaslu Tator Serni Pindan menanggapi pose itu mengungkapkan bahwa cuti Rospita dibolehkan untuk mendampingi suaminya berkampanye. Namun ia harus bersikap pasif selama kampanye karena statusnya sebagai ASN.

Serni Pindan merinci, bersikap pasif artinya Rospita hanya boleh duduk. Tidak boleh memberi isyarat seperti mengacungkan jari atau menyampaikan dukungan secara verbal.

Cuti Rospita untuk mendampingi suaminya kampanye mengundang perdebatan. Pasalnya Rospita adalah ASN sekaligus menjabat Kepala Dinas Pariwisata Tator.

Penulis : Andarias Padaunan
Editor : Muh. Syakir
#Rospita Napa #Kadispar Tator Rospita Napa #Nicodemus Biringkanae #Pilkada Tator #Kemenpan RB #KASN
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer