Minggu, 11 Juli 2021 08:26

Jelang Final Euro 2020: Berani Menyerang, Mancini?

Roberto Mancini
Roberto Mancini

Italia punya rasio mencetak 2,4 gol per pertandingan. Italia juga tak terkalahkan di 33 pertandingan menuju laga kontra Inggris.

JAKARTA, PEDOMANMEDIA - Italia bermain terbuka sepanjang gelaran Piala Eropa 2020 dan sukses membawa mereka menjejak final. Tapi menghadapi Inggris, beranikah Roberto Mancini menerapkan gaya serupa?

Italia akan menghadapi Inggris di Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari. Laga ini disebut sebut sebagai final ideal dan palinh dinantikan dalam tiga dekade.

Sejak ditangani Roberto Mancini, Italia sudah mengundang banyak pujian karena permainan yang menyerang, dinamis, dan atraktif. Dari 38 pertandingan di bawah Mancini, Italia meraih 28 kemenangan dan cuma dua kali kalah, mencetak 91 gol dan baru kemasukan 17 kali!

Baca Juga

Itu artinya, Italia punya rasio mencetak 2,4 gol per pertandingan. Jika itu masih kurang impresif, sebagai tambahan, Italia dalam laju tak terkalahkan di 33 pertandingan menuju laga kontra Inggris.

Pelatih veteran Italia Claudio Ranieri menyebut bahwa satu aspek yang bikin timnasnya bisa melangkah sejauh ini adalah pendekatan yang adaptif, kendati tujuan pertamanya selalu mendominasi. Misalnya ketika melawan Spanyol di semifinal, Italia tak bersikeras untuk mencoba mendominasi penguasaan mengingat Spanyol lebih mahir dalam hal tersebut.

"Kami sekarang punya mentalitas yang tepat. Ya, kami punya jiwa Italia: tetap kompak, mau bersusah payah bersama-sama, kami berjuang. Tapi Mancini ingin memberikan Italia kegembiraan untuk bermain menyerang, untuk menyerang di setiap situasi," ungkap Ranieri kepada BBC dilansir Football Italia.

"Mentalitas kami sudah berubah dalam dua tahun. Ketika memungkinkan, kami ingin mendominasi lawan. Ketika tidak memungkinkan, kami mencoba untuk sekadar memenangkan laga."

"Kalau memungkinkan, kami akan mencoba mendominasi. Kalau tidak, mereka bertahan. Ini akan jadi laga yang sangat-sangat menarik menurut saya. Saya sudah mengatakan sebelum Euro dimulai, finalnya bisa jadi Italia dan Inggris," imbuh pria yang membawa Leicester City menjuarai Premier League ini.

Mancini akan kembali diuji. Apakah dia mampu menerka pola efektif anak asuhnya untuk meredam Inggris. Apalagi saat ini Inggris juga sedang dalam memontum oke.

Editor : Muh. Syakir
#Pelatih Italia Roberto Mancini #Euro 2020 #Piala Eropa 2020
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer