Senin, 19 Juli 2021 11:37

Masuk Zona Merah, Pemkab Torut Putuskan Salat Id Dilaksanakan di Rumah

Rapat bersama Pemkab, tokoh agama dan Tim Satgas Covid-19 di ruang rapat Covid,  kantor Gabungan Dinas Marante, Senin 19 Juli 2021.
Rapat bersama Pemkab, tokoh agama dan Tim Satgas Covid-19 di ruang rapat Covid,  kantor Gabungan Dinas Marante, Senin 19 Juli 2021.

Pemkab Torut putuskan Salat Id dilaksanakan di rumah. Keputusan ini sesuai dengan instruksi Kementerian Agama.

TORUT, PEDOMANMEDIA - Pemerintah Kabupaten Toraja Utara memutuskan meniadakan pelaksanaan Salat Idul Adha 1442 Hijriah di masjid. Salat Id dilaksanakan di rumah masing-masing.

Keputusan ini diambil berdasarkan hasil rapat bersama Pemkab, tokoh agama dan Tim Satgas Covid-19 di ruang rapat Covid,  kantor Gabungan Dinas Marante, Senin 19 Juli 2021.

Rapat dipimpin langsung oleh Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang. Turut hadir Dandim 1414 Tana Toraja, Kapolres Toraja Utara dan perwakilan dari tokoh agama dihadiri oleh Ketua MUI Toraja Utara, H Tarauna dan Imam Mesjid Besar Rantepao Drs Mujahiddin.

Baca Juga

Bupati Toraja Utara mengungkapkan bahwa sesuai dengan hasil rapat tadi adalah pelaksanaan shalat Idul Adha dilakukan di rumah masing-masing.

"Setelah mendengarkan saran dan masukan dari pak Dandim, Kapolres,  dan tokoh agama yang hadir,  kita sepakat untuk pelaksanaan ibadah Salat Idul Adha dilaksanakan di rumah masing-masing," ungkap Yohanis Bassang.

Yohanis Bassang yang akrab disapa Ombas menambahkan bahwa salah satu acuan dalam pengambilan keputusan berdasarkan dari Surat Edaran Kementerian Agama (Kemenag) Nomor SE 17 Tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Sholat Idul Adha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban 1442 H/2021 M.

"Hasil keputusan ini sesuai dengan intruksi Kementerian Agama melalui Surat Edaran nomor 17 tahun 2021, salah satu pointnya mengungkapkan bahwa daerah yang berada di daerah zona orange dan merah maka pelaksanaan Salat Idul Adha dilakukan di rumah masing-masing," tambah Yohanis Bassang,  yang akrab di sapa Ombas.

Ketua MUI Toraja Utara H Tarauna menuturkan bahwa siap untuk segera menyosialisasikan hasil keputusan rapat.

"Kami mendukung hasil rapat ini, dan kami segera mensosialisasikan kepada umat Islam yang ada di Toraja Utara demi memutus mata rantai Covid-19," ungkap H. Tarauna.

Kabupaten Toraja Utara per 19 Juli 2021 ini berada di Zona Merah.

Penulis : Andarias Padaunan - Susanna Rulianti
Editor : Muh. Syakir
#Bupati Torut Yohanis Bassang #Zona Merah #Covid-19 #Salat Idul Adha
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer