Rabu, 21 Juli 2021 22:10

Lewat Program YESS, Ribuan Milenial di Bone Bakal Dapat Pelatihan Wirausaha

Program YESS.
Program YESS.

Pelaksana Program YESS Kabupaten Bone Akifah Akhsah menyebutkan, untuk pelaksanaan program YESS tahap pertama akan dilaksanakan pelatihan proposal bisnis sebanyak 10 angkatan dengan jumlah peserta 300 orang.

BONE, PEDOMANMEDIA - Melalui Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS), ribuan milenial yang tersebar di wilayah Kabupaten Bone akan segera mendapatkan sejumlah pelatihan dalam waktu dekat ini. Pelatihan petani milenial ini rencananya akan digelar di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) wilayah Bone.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Bone Sunardi Nurdin mengatakan, Program Youth Enterpreneur and Employment Support Services yang dibangun Kementan bertujuan melahirkan wirausaha milenial di bidang pertanian. Ia mendorong petani milenial untuk mendaftar dan ikut menyukseskan program YESS ini.

Pelaksana Program YESS bagian Monev, Asti mengatakan, program YESS dilaksanakan untuk menumbuhkembangkan wirausahawan muda bidang pertanian. Kaum muda berusia 17-39 tahun dirangkul untuk dilatih dan diarahkan sesuai minatnya di sektor pertanian. Mulai dari tanaman pangan, holtikultura, peternakan hingga perkebunan.

Baca Juga

"Jadi intinya semua peserta diharapkan akan jadi wirausahawan pertanian," ungkapnya, Rabu (21/7/2021).

Lebih lanjut ia menyebutkan, untuk tahun ini pelatihan yang akan dilaksanakan berupa pelatihan motivasi bisnis. Hal itu atas dasar peserta pelatihan dinilai baru berusaha di dunia pertanian.

"Jad diberikan dulu motivasi untuk bisa berwirausaha, khususnya bidang pertanian. Pesertanya juga diidentifikasi, apakah sudah ada usahanya atau yang sama sekali belum bekerja," jelasnya.

Senada dengan itu, Pelaksana Program YESS Kabupaten Bone Akifah Akhsah menyebutkan, untuk pelaksanaan program YESS tahap pertama akan dilaksanakan pelatihan proposal bisnis sebanyak 10 angkatan dengan jumlah peserta 300 orang. Para peserta akan dikumpulkan di BPP yang terjangkau dengan masa pelatihan selama tiga hari.

"Pematerinya kita ambil dari perbankan dan pengusaha yang berkompeten, karena harapan kita setelah mereka dilatih mereka mampu menyusun proposal yang memenuhi syarat layanan keuangan," ungkapnya.

Lebih lanjut ia menyebutkan, hingga saat ini, jumlah Calon Penerima Calon Lokasi (CPCL) yang sudah terdaftar sekitar 1.500 orang. Sebanyak 1.200 orang akan diikutkan pelatihan pada program YESS tahun 2021 ini.

"Insya Allah, ada 1.200 CPCL akan kita ikutkan pada pelatihan di tahun 2021. Insya Allah, (tempat pelatihan) di BPP dan tetap mengikuti protokol kesehatan," ungkapnya.

Selain pelatihan proposal bisnis Program YESS, pelatihan lainnya yang akan dilaksanakan yakni pelatihan keuangan bagi kelompok sasaran program YESS dan pelatihan star up program YESS.

"Untuk sementara baru 3 yang kami laksanakan, menurut informasi ada pelatihan IT juga, tapi belum ada petunjuk," pungkasnya.

Penulis : Abustan Abiy
Editor : Jusrianto
#Pemkab Bone #Progam YESS #Kementan #Wirausaha Milenial
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer