Kamis, 19 Agustus 2021 08:34

Masih Ada 200 Daerah Zona Merah, Nadiem Ingin Sekolah Segera Dibuka

Belajar tatap muka akan diuji coba di wilayah PPKM level 1-3. (ilustrasi/int)
Belajar tatap muka akan diuji coba di wilayah PPKM level 1-3. (ilustrasi/int)

Saat ini berdasarkan data terdapat 201 wilayah di RI masuk dalam zona merah. Jawa Tengah masih yang terbanyak dengan 22 wilayah.

JAKARTA, PEDOMANMEDIA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengizinkan uji coba pembelajaran tatap muka pada wilayah PPKM level 1 sampai 3. Mendikbud menyebut, pembukaan sekolah tak bisa ditunda terlalu lama.

"Kita tidak bisa seterusnya menunda belajar tatap muka. Karena kita tidak tahu kapan Covid berakhir. Harus dilakukan uji coba pada wilayah risiko rendah," jelas Nadiem.

Menurut Nadiem, pemerintah mulai memikirkan formulasi yang tepat agar sekolah segera dibuka. Ia mengatakan, alterntif paling mungkin adalah menerapkan lebih dahulu pada wilayah PPKM level 1-3.

Baca Juga

Hanya saja di wilayah ini harus menerapkan prokes ketat. Sehingga Kata Nadiem, tidak ada ruang penyebaran yang terjadi selama proses belajar berlangsung.

Ia menjelaskan, untuk PPKM level 1-3 bisa diekselerasi dengan aturan ketat. Di antaranya dengan pembatasan durasi pertemuan dua kali sepekan.

Lalu pembatasan jumlah peserta di ruang kelas 50%. Tidak ada aktivitas makan bersama. Dan sekolah hanya ada aktivitas belajar, setelah itu pulang.

Sementara itu Sulsel kemungkinan masih sulit menerapkan uji coba ini. Pasalnya dalam dua pekan jumlah wilayah zona merah di Sulsel meluas ke 13 kabupaten dan kota.

Sulawesi Selatan mencatat penambahan 4 wilayah zona merah Covid-19 dalam sepekan. Penambahan ini menggenapkan zona merah Sulsel menjadi 13 kabupaten.

Berdasarkan data yang dihimpun Satgas Covid-19 per 15 Agustus 2021, ada 7 provinsi yang tidak lagi menjadi zona merah. Tujuh yang keluar dari zona merah adalah Nusa Tenggara Timur, Banten, Sulawesi Barat, Kepulauan Riau, Jawa Barat dan Bengkulu.

Penyumbang terbanyak masih didominasi Jawa Tengah 17 wilayah dan Jawa Timur 13 wilayah. Sumatera Utara yang melaporkan lebih dari 10 wilayah zona merah.

Saat ini berdasarkan data terdapat

201 wilayah di RI masuk dalam zona merah. Jawa Tengah masih yang terbanyak dengan 22 wilayah. Lalu disusul Jawa Timur 23 wilayah.

Sementara di Sulawesi, Sulsel yang menyumbang 9 zona merah per 8 Agustus kini bertambah jadi 13. Artinya ada penambahan 4 zona merah dalam sepekan terakhir.

Karena itu, pemerintah masih mempertimbangkan uji coba belajar tatap muka. Pekan lalu Bantaeng melakukan uji coba pembukaan sekolah. Namun masih dalam durasi terbatas.

Editor : Muh. Syakir
#Zona Merah #Covid-19 #Mendikbud Ristek Nadiem Makarim #Belajar Tatap Muka
Berikan Komentar Anda