Senin, 13 September 2021 16:37

Menkes: Kematian Turun Drastis, Insyaa Allah RI Sebentar Lagi Level 1

Ilustrasi (int)
Ilustrasi (int)

Penambahan kasus harian sudah di angka 5.000 per hari. Kondisi ini menurun dibanding Juli dan Agustus yang mencapai 20.000 kasus.

JAKARTA, PEDOMANMEDIA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, dari semua indikator, Indonesia mengalami penurunan kasus Corona cukup drastis. Jika trend ini bisa dijaga, maka sebentar lagi menuju ke level 1.

"Insyaa Allah kita menuju ke level 1. Semua indikantor menunjukkan kemajuan menggembirakan," terang Menkes saat rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI, Senin (13/9/2021).

Menkes membeberkan beberapa indikator

Baca Juga

kemajuan itu. Di antaranya penambahan kasus harian sudah di angka 5.000 per hari. Kondisi ini jauh menurun dibanding pada Juli dan Agustus lalu yang mencapai 20.000 kasus.

dibandmembeberkan update perkembangan kasus Covid-19. Dia mengatakan penularan COVID-19 saat ini sudah mengalami tren penurunan.

Sementara yang dirawat inap di RS secara harian sudah di bawah 20 ribu. Rata-rata 7 harinya masih 20 ribuan. Tren ini lebih rendah dari angka yang dirawat di RS sebelum Lebaran.

Tren yang sama juga terjadi di kasus kematian akibat Corona. Budi mengatakan tren kematian menurun drastis. Terakhir angka kematian hariannya ada di angka 270 rata-ratanya. Ini jauh menurun dibanding Juki dan Agustus yang menyentuh angka 2.000 kematian per hari.

Budi juga mengatakan Indonesia sudah mengalami penurunan level beberapa indikator di WHO baik terhadap kasus penularan, kematian ataupun positivity rate. Dia berharap indikator itu bisa turun level 1.

"Kalau kita lihat, dari 6 indikator WHO, untuk kasus konformasi itu sudah masuk ke level 1, jadi level yang paling baik di bawah 20 kasus konformasi per 100 ribu penduduk per minggu. Baik untuk rawat inap dan kematian secara nasional jg sudah turun masuk ke level 2 dan insyaallah ini bisa terus turun masuk ke level 1," ucap Menkes

Kemudian kata Menkes, 3 indikator kapasitas respons dari satu negara terhadap pandemi ini, juga sudah menurun dengan cukup drastis. Positivity ratenya sudah turun ke batas normalnya WHO di bawah 5 persen.

Tracingnya juga sudah jauh lebih membaik sekarang sudah mendekati yang distandarkan oleh WHO yaitu di atas 15. Kemudian BOR RS sudah kembali ke titik normal yaitu 17,14 persen.

Editor : Muh. Syakir
#Menkes Budi Gunadi Sadikin #Kasus Covid-19 Turun #Covid-19
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer