Selasa, 12 Oktober 2021 21:55

Patung Taman Peninggalan Mesir Kuno, Terjual Seharga Rp3,7 Miliar

Patung Mesir kuno (Foto: CNN)
Patung Mesir kuno (Foto: CNN)

Artefak tersebut diperoleh dari sebuah taman di Sudbury, Suffolk, di Inggris timur.

SUDBURY, PEDOMANMEDIA - Sepasang patung batu berukir yang digunakan sebagai ornamen taman telah terjual lebih dari £195.000 ($265.510) atau setara Rp3,7 miliar lebih setelah terungkap bahwa itu adalah peninggalan Mesir kuno yang berusia ribuan tahun, kata sebuah rumah lelang.

Artefak tersebut diperoleh dari sebuah taman di Sudbury, Suffolk, di Inggris timur.

Mander Auctioneers, yang menangani penjualan, mengatakan mereka dihubungi oleh keluarga yang ingin menyingkirkan barang-barang dari rumah lama mereka sebelum pindah rumah.

Patung-patung "lapuk berat", yang telah digunakan untuk menghias teras taman sampai bulan lalu, telah dibeli seharga "beberapa ratus pound" di lelang lain 15 tahun yang lalu dan diyakini sebagai replika peninggalan Mesir kuno abad ke-18, menurut ke rumah lelang.

Satu patung bahkan kepalanya direkatkan kembali dengan semen oleh pembangun lokal di bawah instruksi pemilik sebelumnya, kata juru lelang James Mander seperti yang dikutip dari CNN, Selasa, (12/10/2021).

"Kami tidak benar-benar menanyai mereka dan memasukkannya [dalam lelang] dengan harga £300 hingga £500 ($410 hingga $680)," kata Mander kepada CNN. "Dan kemudian pelelangan menjadi gila," katanya.

Penawaran hari Sabtu dimulai dari £200, tetapi dalam waktu 15 menit empat penawar telepon dan banyak pembeli internet mendorong harga akhir hingga £195.000 ditambah 24% premi pembeli, dengan galeri seni internasional melakukan penjualan akhir.

"Pendapat adalah bahwa mereka adalah contoh asli Mesir kuno, yang entah bagaimana telah melewati sejarah baru-baru ini sebagai salinan abad ke-18," kata juru lelang dalam sebuah pernyataan.

Mander mengatakan bahwa, pada abad ke-18, Grand Tour melihat orang-orang Inggris melakukan perjalanan melalui Eropa, membeli barang.

"Dan kami baru saja menduga itu adalah item Grand Tour abad ke-18," kata Mander kepada CNN.

"Ternyata mereka berusia ribuan tahun dan asli. Jadi ini benar-benar luar biasa," katanya, seraya menambahkan bahwa berita penjualan terakhir adalah "di luar pemahaman" bagi pemilik sebelumnya yang terkejut.

Mander mengatakan bahwa pekerjaan sedang dilakukan untuk melacak asal patung-patung itu, dan dia belum dapat menempatkan tanggal pasti pada artefak tersebut.

"Saya ingin tahu di mana mereka selama 5.000 tahun terakhir. Benar-benar luar biasa," katanya.

Editor : Amrin
#Lelang Patung # Mesir Kuno # Rumah Lelang
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer