Jumat, 15 Oktober 2021 17:05

Hasto Bilang Ada Kader Mau Nyapres Ambil Jalan Pintas, Sindir Ganjar?

Hasto Kristiyanto
Hasto Kristiyanto

Hasto menilai ada kader yang ambil jalan pintas. Mereka tak pernah menjalani kaderisasi dan tiba tiba mau nyapres.

JAKARTA, PEDOMANMEDIA - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyindir sekelompok kader yang memilih mengambil jalan pintas untuk maju di pilpres. Hasto menuding, mereka tak pernah berkeringat untuk partai.

"Mereka tak pernah melewati kaderisasi yang panjang. Mereka ambil jalan pintas dan tiba tiba sudah dukung mendukung untuk nyapres," ujar Hasto, Jumat (15/10/2021).

Hasto berbicara tak menyebut figur. Kata dia, sindiran ini tak perlu merujuk pada orang tertentu. Namun, realitas politik terus ia amati. Dan itu terjadi

Baca Juga

"Kami melihatnya begitu. Mereka tak pernah menjalani kaderisasi yang sistemik. Sekarang melangkah dan mencalonkan orang tertentu. Ini jelas ya mereka maju untuk kepentingan pribadi," tegas Hasto.

Mungkinkah sindiran ini merujuk ke Ganjar Pranowo? Hasto tak mengonfirmasi.

Namun saat ini Ganjar memang tengah menjadi sorotan di internal PDIP usai deklarasi pencalonannya menuju pilpres oleh para relawan September lalu. Sebagai kader PDIP, Gubernur Jawa Tengah itu dinilai melangkahi wewenang parpol.

Dari sejumlah hasil survei, Ganjar menunjukkan elektabilitas kompetitif. Ia selalu ada di tiga besar.

Ganjar dinilai sebagai rival terberat Prabowo Subianto bersama Anies Baswedan. Ganjar juga dipandang sebagai batu sandungan bagi Puan Maharani.

Hasto mengatakan, tak penting siapa yang diusung PDIP di Pilpres 2024. Ini bukan soal A dan B.

Ini menurutnya lebih pada etika kaderisasi. Di mana kader harus selalu tunduk pada mekanisme organisasi. Bukan mengambil jalan sendiri untuk kepentingan pribadi. 

"Tidak boleh ada kader yang mengambil jalan sendiri-sendiri. Apalagi mereka yang tak pernah berkeringat," ketusnya. 

Hasto mengungkapkan, PDIP adalah partai dengan ideologi kaderisasi. Setiap keputusan organisasi selalu di atas kepentingan rakyat. 

"Kita akan cermati terus itu. Setiap perkembangan politik kita ikuti," imbuh Hasto.

Editor : Muh. Syakir
#Hasto Kristiyanto #PDIP #Ganjar Pranowo #Pilpres 2024
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer