Kamis, 18 November 2021 06:41

24 Desember Seluruh Indonesia Naik PPKM Level 3, Mal-Objek Wisata Tutup

Mal akan kembali memberlakukan pembatasan mulai 24 Desember.(ilustrasi/int)
Mal akan kembali memberlakukan pembatasan mulai 24 Desember.(ilustrasi/int)

Dimulai 24 Desember dan berakhir 2 Januari 2022. Seluruh ketentuan level 3 akan diberlakukan. Inmendagri juga mengatur ketentuan baru.

JAKARTA, PEDOMANMEDIA - Pemerintah akan menaikkan status pembatasan sosial ke PPKM level 3 untuk seluruh provinsi di Indonesia. Kebijakan ini diberlakukan mulai 24 Desember 2021.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, kebijakan ini diberlakukan selama kurang lebih sepekan. Seluruh daerah baik yang berstatus level 1 dan 2 akan dinaikkan ke level 3.

"Kita mulai 24 Desember dan berakhir 2 Januari 2022. Seluruh ketentuan level 3 akan diberlakukan. Inmendagri nanti juga mengatur ketentuan baru," terang Muhajir, dalam siaran pers, Rabu (17/11/2021).

Baca Juga

Selama berlakunya kebijakan PPKM level 3, tidak ada perbedaan aturan pembatasan antara Jawa-Bali dengan luar Jawa-Bali. Aturan akan berlaku seragam di seluruh wilayah Tanah Air.

Detail pembatasan PPKM level 3 akan ditetapkan dalam inmendagri. Edarannya diperkirakan sudah keluar dan tersosialisasi pada 22 Desember.

Muhajir mengemukakan, pembatasan ini adalah upaya pemerintah mencegah mobilitas warga menjelang Natal dan Tahun Baru. Menurutnya, hal tersebut menjadi langkah dini. Dalam rangka menekan laju penyebaran Covid-19 yang cenderung naik di setiap libur akhir tahun.

"Jadi pengetatan selama masa libu Natal dan Tahun Baru berlaku menyeluruh. Ada beberapa kegiatan yang kita larang seperti pesta kembang api, pawai, arak-arakan yang mengumpulkan kerumunan besar. Itu semua dilarang," ujar Muhadjir.

Bahkan pembatasan akan kembali berlaku di rumah-rumah ibadah. Termasuk pusat perbelanjaan (mal) yang akan kembali pada penyesuaian aturan PPKM level 3.

Selain itu, pengetatan dan pengawasan protokol kesehatan dilakukan di sejumlah destinasi, terutama di gereja pada saat perayaan Natal dan destinasi wisata lokal. Objek wisata dan mal akan menjadi salah satu titik prioritas untuk dilakukan pembatasan ketat.

Editor : Muh. Syakir
#Inmendagri #Covid-19 #PPKM Level 3
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer