Selasa, 23 November 2021 22:20

Polrestabes Makassar Gulung Komplotan Penipu Modus Jual-Beli Mobil Via Medsos

Kawanan penipu yang diringkus Tim Jatanras Polrestabes Makassar.
Kawanan penipu yang diringkus Tim Jatanras Polrestabes Makassar.

Modusnya menggunakan akun dan identitas polwan untuk memberikan keyakinan kepada calon korban. Faktanya akun yang dipakai identitas palsu.

MAKASSAR, PEDOMANMEDIA - Komplotan penipu dengan modus jual-beli kendaraan melalui media sosial dibekuk Unit Jatanras Polrestabes Makassar, Selasa (23/11/2021) dini hari. Komplotan ini menggunakan foto polwan untuk meyakinkan korbannya.

Ketiga terduga pelaku itu masing-masing bernama Anto, Adi dan Erwin. Ketigannya ditangkap di lokasi berbeda.

Anto diamankan di Kabupaten Wajo. Sementara Adi dan Erwin di Kabupaten Sidrap, Sulsel.

Baca Juga

Kasubnit II Jatanras Polrestabes Makassar, Ipda Nasrullah mengatakan, pengungkapan kasus ini berawal saat salah satu korban melaporkan bahwa telah tertipu sebuah akun media sosial yang menjual mobil.

"Jadi para pelaku berhasil diamankan setelah dilakukan pengejaran selama tiga hari. Alhasil, mereka pun kami amankan di lokasi yang berbeda, satu orang di Wajo dan duanya di Sidrap," ujar Ipda Nasrullah kepada PEDOMANMEDIA, Selasa (23/11/21).

Dia menerangkan, bahwa modus pada pelaku ini terbilang berani. Pasalnya mereka melakukan penipuan dengan memasang identitas polwan untuk meyakinkan para korbannya di sosial media.

“Modusnya menggunakan akun dan identitas polwan untuk memberikan keyakinan kepada calon korban bahwa betul-betul ada penjualan mobil akan tetapi faktanya akun yang dipakai identitas palsu,” ungkapnya.

Dari hasil penangkapan para pelaku, kata Ipda Nasrullah, pihaknya berhasil mengamankan barang bukti berupa laptop dan handphone yang berisikan sejumlah foto-foto atau akun medsos polwan yang digunakan pelaku untuk menipu.

"Ada beberapa barang bukti yang kami amankan dari penangkapan para pelaku seperti handphone laptop dan sejumlah foto foto akun medsos polwan," katanya

Dijelaskannya lagi, bahwa ketiga pelaku memiliki peran berbeda-beda, yakni pelaku Erwin menyedia rekening, sedangkan dua pelaku lain sebagai eksekutor.

Adapun cara mereka menipu yakni setelah korbannya menyetorkan uang DP, komplotan ini langsung memblokir nomor korbannya.

Kata Ipda Nasrullah, selain tiga pelaku ini, masih ada pelaku lain yang kini masih dalam pengejaran pihaknya.

"Para pelaku ini terus diperiksa intensif. Mereka mengaku masih memiliki 13 orang anggota komplotan yang melakukan aksi ini," terangnya.

Hingga kini ketiganya sementara diamankan di Mapolrestabes Makassar guna proses penyelidikan lebih lanjut.

 

Penulis : Supriadi
Editor : Muh. Syakir
#Polrestabes Makassar #Jatanras Polrestabes Makassar #Penipu via Medsos
Berikan Komentar Anda