Jumat, 26 November 2021 14:07

Bupati-Ketua DPRD Teken Nota Kesepakatan KUA PPAS Bulukumba 2022

Bupati-Ketua DPRD Teken Nota Kesepakatan KUA PPAS Bulukumba 2022. (Foto: Ist)
Bupati-Ketua DPRD Teken Nota Kesepakatan KUA PPAS Bulukumba 2022. (Foto: Ist)

Pembahasan KUA PPAS Kab Bulukumba TA 2022 berlangsung alot dan dinamis. Tarik ulur pembahasan ini, terkait pendistribusian pagu anggaran ke semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

BULUKUMBA, PEDOMANMEDIA - Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf dan Ketua DPRD Bulukumba Rijal menandatangani Nota Kesepakatan Kebijakan Umum APBD (KUA) Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Kabupaten Bulukumba Tahun Anggaran 2022.

Penandatanganan itu, juga dihadiri oleh Wabup Andi Edy Manaf, para anggota DPRD dan sejumlah pimpinan OPD melalui rapat paripurna DPRD Bulukumba, Kamis (25/11/2021) malam. Selain itu, juga digelar rapat paripurna Penetapan Perubahan Propemperda tahun 2021.

Bupati Bulukumba Muchtat Ali Yusuf menyampaikan terima kasih sekaligus apresiasi kepada DPRD Bulukumba. Sebab katanya, rancangan KUA PPAS Bulukumba telah dibahas serta dilakukan pengesahan dan penetapan KUA PPAS 2022.

Baca Juga

Bupati berharap ada checks and balances pada penyusunan dokumen KUA PPAS Kab Bulukumba tahun anggaran 2022, yang telah dibahas Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) bersama Badan Anggaran (Banggar) DPRD.

"Apalabila terdapat kekurangan selama pembahasan, tentu akan mebjadi bahan evaluasi dalam penyusunan dokumen di masa akan datang," ungkap Andi Utta sapaan bupati Muchtar Ali Yusuf.

"KUA PPAS telah ditetapkan, dan akan menjadi acuan pembahasan APBD 2022 nantinya," tambah Andi Utta.

Bupati berlatar pengusaha ini, mengaku sudah meminta jajarannya untuk menyusun program secara matang, bukan semata-mata untuk menggugurkan kewajiban, sehingga manfaatnya benar-benar dirasakan masyarakat.

"Mari kita berpikir untuk kepentingan yang lebih besar, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Bulukumba. Mari bergerak bersama, bersinergi, mengesampingkan kepentingan pribadi untuk Bulukumba Maju. We Love Bulukumba," terangnya.

Sementara, Ketua DPRD Bulukumba Rijal mengatakan, paripurna nota kesepakatan KUA PPAS telah digelar, selanjutnya akan dilakukan Penyerahan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) ABPD Bulukumba tahun 2022.

"Insya Allah tetap tanggal 30 Nopember 2021, penandatanganan persetujuan bersama atas penetapan Ranperda APBD tahun anggaran 2022," katanya.

Politisi PPP ini menuturkan, pembahasan KUA PPAS Kab Bulukumba TA 2022 berlangsung alot dan dinamis. Tarik ulur pembahasan ini, terkait pendistribusian pagu anggaran ke semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Ada beberapa kajian terkait Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang harus ditingkatkan selama pembahasan kemarin, baik di tingkat Komisi maupun di tingkat Banggar dengan menganalisis dan melakukan kajian mendalam, sehingga APBD 2022 dapat dimaksimalkan," kata Rijal.

Sebelumnya, TAPD bersama Banggar DPRD memulai pembahasan rancangan KUA PPAS Kab Bulukumba TA 2022, sejak Rabu (17/11/2021). Sementara pembahasan ini, baru selesai pada Kamis (25/11/2021).

Penulis : Saiful
Editor : Amrin
#Pemkab Bulukumba # KUA PPAS # Ketua DPRD Bulukumba
Berikan Komentar Anda