Senin, 29 November 2021 19:21

Pascapenyerangan Asrama IPMIL, Ome: Jangan Terpancing, Kita Semua Saudara

Akhmad Syarifuddin
Akhmad Syarifuddin

Ome meminta semua tetap mengedepankan adat Sipakainge Dan Sipakatau serta Sipakalebbi sehingga tercipta rasa damai dan tenteram di provinsi Sulawesi Selatan.

PALOPO, PEDOMANMEDIA - Sejumlah tokoh angkat bicara terkait insiden penyerangan asrama Ikatan Pemuda Mahasiswa Indonesia Luwu (IPMIL) di Jalan Sungai Limboto, Makassar. Penyerangan ini dinilai sebagai bentuk provokasi.

Mantan Ketua IPMIL Palopo Akhmad Syarifuddin atau yang biasa di sapa Ome saat dihubungi via WA mengimbau seluruh pemuda tanah Luwu agar tidak terpancing dengan insiden tersebut. Ome menduga kejadian itu merupakan bentuk provokasi dari oknum oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Saya sudah menghubungi adik-adik supaya tetap jaga kekompakan jaga kedamaian dan jangan terpancing karena kita semua adalah saudara," imbau Ome Senin (29/11/2021).

Baca Juga

Mantan Wakil Wali Kota Palopo ini juga mengatakan meski saat ini memang suhu perpolitikan di Sulsel tengah meningkat tapi jangan sampai memecah belah persatuan. Ome meminta semua tetap mengedepankan adat Sipakainge Dan Sipakatau serta Sipakalebbi sehingga tercipta rasa damai dan tenteram di provinsi Sulawesi Selatan.

"Meski suhu politik mulai meningkat tetap jaga kultur budaya Bugis Makassar yang cinta kedamaian," ucap Ketua Pemuda Pancasila Kota Palopo ini.

Terakhir Ome menambahkan dirinya yakin aparat keamanan segera menangkap para pelaku penyerangan.

"Saya yakin aparat keamanan bisa segera menangkap para pelaku penyerangan," tutup Ome.

Pasca insiden tersebut, sejumlah tokoh dari tanah Luwu dan Bone telah melakukan pertemuan dan sepakat mengimbau untuk menjaga perdamaian di Sulawesi Selatan.

Kepala Kepolsian Daerah (Kapolda) Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana juga telah meminta masyarakat tetap tenang dan tidak terprovokasi pascapenyerangan dua asrama mahasiswa di Makassar Ahad dini hari. Kapolda menyebut banyak isu hoaks yang sengaja disebar.

“Kami meminta masarakat, khususnya warga Kota Makassar untuk tetap tenang dan percayaan penanganan kasus ini kepada pihak kepolisian,” ujar Irjen Nana dalam keterangannya yang diterima PEDOMANMEDIA, Senin (29/11/2021).

Jenderal bintang dua ini mengaku, pihaknya saat ini sudah melakukan penanganan dan mengejar pelaku yang melakukan aksi penyerangan dan menyebabkan korban luka.

Selain itu, Irjen Pol Nana juga mengimbau untuk tidak percaya dengan berbagai info yang tidak jelas dan berkembang sekaitan peristiwa penyerangan asrama mahasiswa itu.

“Dalam waktu dekat ini kami juga akan memanggil rektor dan pihak terkait untuk duduk bersama membahas masalah tersebut agar tidak berlarut-larut. Apalagi, ada korban luka serius akibat peristiwa itu,” terang Mantan Kapolda Metro Jaya ini.

Sebelumnya diberitakan, Asrama Ikatan Pelajar Mahasiswa Luwu (IPMIL) dan Asrama Kepmi Bone yang berada di Jalan Sungai Limboto, Kota Makassar, diserang oleh sekelompok orang tidak dikenal, Minggu (28/11/2021) dini hari.

Akibatnya, salah seorang mahasiswa menjadi korban insiden penyerangan tersebut. Informasinya korban merupakan Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar dan kini sudah menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) mengalami luka yang cukup serius.

Editor : Muh. Syakir
#Asrama Ipmil Diserang #Polda Sulsel #Ome
Berikan Komentar Anda