Sabtu, 14 November 2020 09:23

Politisasi Dana PIP di Torut Seret Istri Rinto, Julianto: Bodohi Rakyat

Eva Stevany Rataba
Eva Stevany Rataba

Eva diduga hendak mengambil keuntungan politik dari program dana PIP ini. Seperti diketahui Eva adalah istri Yosia Rinto Kadang yang saat ini maju di Pilkada Torut. Eva adalah politisi Partai Nasdem.

TORUT, PEDOMANMEDIA - Sejumlah sekolah di Toraja Utara menerima rekomendasi pencairan dana Program Indonesia Pintar (PIP). Namun dalam surat rekomendasi pencairan tercantum dana PIP bersumber dari dana aspirasi anggota DPR RI dari Partai Nasdem Eva Stevany Rataba.

Karenanya, setiap sekolah yang menerima rekomendasi pencairan PIP harus mendapatkan "teken" Eva. Kasus ini pun menuai sorotan dari banyak pihak.

Julianto Mapaliey dari Fraksi Golkar DPRD Torut mengungkapkan, PIP adalah murni program pemerintah pusat. Tidak terkait sama sekali dengan dana aspirasi anggota DPR RI.

Baca Juga

"Nda ada kaitannya dengan dana aspirasi Eva. Itu program Pak Jokowi. Dananya dari APBN bukan dana aspirasi dewan," ketus Julianto via telepon malam tadi.

Menurut Julianto, Eva diduga hendak mengambil keuntungan politik dari program dana PIP ini. Seperti diketahui Eva adalah istri Yosia Rinto Kadang yang saat ini maju di Pilkada Torut. Eva adalah politisi Partai Nasdem.

"Ini dipolitisasi. Itu orang Nasdem. Dia atur itu dana PIP seolah olah itu dana aspirasi. Itu pembohongan. Dia berikan kepada orang-orangnya saja (yang mendukung Yosia Rinto). Jadi tidak merata. Banyak salah sasaran," ketus Julianto.

Menurutnya, ini jelas pembodohan pada rakyat.

"Iya jelas membodohi rakyat. Karena program pemerintah dijadikam alat untuk politik pilkada," katanya.

Julianto juga menyebut ada dua pelanggaran dalam kasus ini. Pertama, dana pemerintah dipolitisasi untuk kepentingan salah satu pasangan calon. Kedua, bisa berimplikasi hukum dan seharusnya ditangani KPK.

"Seharusnya (ditangani KPK). Karena dia manfaatkan program pemerintah untuk kepentingan pribadi. Saya setuju ini dilapor ke KPK," ujar Julianto.

Sebelumnya kasus politisasi dana PIP ini muncul setelah adanya surat keterangan pencairan dana PIP yang dikeluarkan oleh Kepala Sekolah SD 5 Kristen Rantepao dan SDN 4 Sanggalangi Kabupaten Toraja Utara. Dalam surat tercantum bahwa dana PIP bersumber dari dana apirasi anggota DPR RI Eva Stevany Rataba.

Setiap sekolah yang menerima dana PIP diduga harus diteken Eva lebih dahulu. Sekolah sekolah yang menerima rekomendasi juga atas persetujuan Eva.

Penulis : Susanna Rulianti
Editor : Muh. Syakir
#Eva Stevany Rataba #Dana PIP #Pilkada Torut #Partai Nasdem #Partai Demokrat
Berikan Komentar Anda