Jumat, 20 November 2020 08:54

2021 Pemerintah Siapkan Skema Pengangkatan Guru Honorer jadi CPNS

Ilustrasi
Ilustrasi

Jika diasumsikan, pengangkatan secara reguler maka guru honorer ini baru akan tertampung seluruhnya pada 10 sampai 15 tahun ke depan.

JAKARTA, PEDOMANMEDIA - Pemerintah menyiapkan skema baru pengangkatan guru honorer menjadi CPNS pada 2021. Skema ini diharapkan mampu mengakomodir guru-guru honorer yang telah mengabdi di atas 5 tahun.

"Kita siapkan skema itu. Karena kebutuhan guru memang masih cukup besar. Tetapi akan seperti apa formasinya tentu akan dikaji berdasarkan kebutuhan dan efesiensinya," ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera Reformasi Birokrasi (Pan RB) Tjahjo Kumolo, Kamis (19/11/2020).

Menurut Tjahjo, jumlah guru honorer di Tanah Air memang cukup besar. Angkanya jauh melebihi kuota pengangkatan CPNS setiap tahunnya. Jika diasumsikan, pengangkatan secara reguler maka guru honorer ini baru akan tertampung seluruhnya pada 10 sampai 15 tahun ke depan.

Baca Juga

"Karena itu harus ada skema baru yang bisa menjadi patron pengangkatan guru honorer. Ini menunjukkan upaya pemerintah dalam mencari jalan keluar perbaikan reformasi birokrasi," paparnya.

Sebelumnya, pemerintah telah menyampaikan akan melakukan perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) besar-besaran pada 2021. Dalam skema yang dirancang, formasi guru bakal mendapatkan jatah terbanyak.

Banyaknya jatah tahun depan diskenario pemerintah untuk menutupi tidak adanya perekrutan tahun ini. Sehingga formasi 2021 kemungkinan dilakukan pada semua lembaga, kementerian dan pemda.

Adapun jumlahnya masih dalam penggodokan. Jatah setiap formasi dan jurusan akan disesuaikan dengan kebutuhan.

Di berbagai daerah, pemda telah mengajukan jatah CPNS untuk semua formasi. Lebih dari 60 persen kuota yang diusul masih didominasi tenaga guru. Lalu disusul tenaga kesehatan, penyuluh pertanian dan teknis.

Adapun pengangkatan tenaga honorer teknis dan umum menjadi CPNS belum masuk dalam program 2021. Padahal jumlah honorer di seluruh kementerian lembaga dan pemda mencapai angka di atas kuota CPNS.

Editor : Muh. Syakir
#Penerimaan CPNS #Guru Honorer #Kemenpan RB #Menpan RB Tjahjo Kumolo
Berikan Komentar Anda