Selasa, 23 Mei 2023 16:08

Usai 'Bersih-bersih' di Kemenkominfo, Mahfud Perintahkan Kejar Duit BTS Rp8 T

Mahfud MD
Mahfud MD

Mahfud mengatakan pembangunan BTS dan proses hukum kasus tersebut akan berjalan beriringan.

JAKARTA, PEDOMANMEDIA - Plt Menkominfo Mahfud MD baru saja merombak pejabat Kementerian Kominfo. Selanjutnya, ia menginstruksikan segera mengejar dana proyek BTS yang menguap lebih dari Rp8 triliun.

"Harus dikejar. Nanti kita minta dari BPK. Sebab dianggap baru Rp 2 triliun lebih dari Rp10 triliun yang telah cair. Jadi harus dikejar setidaknya hasil BPKP Rp8,1 triliun atau Rp8,2 trilun," kata Mahfud kepada wartawan di Kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (23/5/2023).

Menurut Mahfud, tak terlalu rumit mengejar dana ini. Sebab sudah ada nama-nama yang dicantumkan di dalam hasil pemeriksaan BPKP.

Baca Juga

Mahfud menyebut dana Rp10 triliun yang sudah dikeluarkan dinilai cukup untuk menyelesaikan proyek BTS. Dia mengatakan perhitungan itu didasarkan pada hasil audit BPKP hingga ahli.

"Karena menurut hitungan BPKP kan sebenarnya dari Rp 10 triliun lebih itu kan sebenarnya dengan sepertiganya aja menurut para ahli juga cukup untuk melengkapi itu semua. Nah berarti ini kan tinggal dikejar, masak mau hilang semua. Jadi ini supaya dikejar, dikembalikan semaksimal mungkin dan proyek terus jalan," ujarnya.

Mahfud mengatakan pembangunan BTS dan proses hukum kasus tersebut akan berjalan beriringan. Dia mengatakan proyek lain di Kominfo juga akan tetap berjalan.

"Jadi proses hukum berjalan proses pembangunan proyek BTS 4G terus dilanjutkan, bahkan proyek-proyek lain seperti satria satelit, kemudian akses-akses internet sampai ke pedesaan, Palapa Ring dan sebagainya supaya dilanjutkan sesuai dengan program dan anggaran yang sudah disediakan," tuturnya.

Sebelumnya, Plt Menkominfo Mahfud Md melantik pejabat eselon I di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Ada empat pejabat yang dilantik.

Berikut daftar empat pejabat Kominfo yang dilantik:

1. Wayan Toni Supriyanto sebagai Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo

2. Arief Tri Hardiyanto sebagai Inspektur Jenderal Kemenkominfo

3. R Wijaya Kusumawardhana sebagai Staf Ahli Bidang Sosial, Ekonomi dan Budaya Kemenkominfo

4. M Hadiyana sebagai Staf Ahli Bidang Teknologi Kemenkominfo.

Editor : Muh. Syakir
#Menko Polhukam Mahfud MD #Kemenkominfo
Berikan Komentar Anda