Senin, 18 September 2023 10:32

Demokrat Bulat Dukung Prabowo, Pengamat: Mau Apa Lagi? Itu Pilihan Terakhir

Prabowo Subianto mendapat dukungan dari Partai Demokrat. (int)
Prabowo Subianto mendapat dukungan dari Partai Demokrat. (int)

Demokrat mustahil merapat ke PDIP untuk saat ini. SBY juga tidak akan memilih opsi lain. Seperti berada di barisan oposisi.

JAKARTA, PEDOMANMEDIA - Partai Demokrat akhirnya menentukan arah politiknya usai pertemuan dengan partai koalisi pendukung Prabowo Subianto di Hambalang kemarin. Demokrat memastikan mendukung Prabowo di Pilpres 2024.

Hanya saja, Demokrat dinilai tidak akan mendapat banyak limpahan keuntungan dari dukungan itu. Kans Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono untuk menjadi cawapres sangat tipis.

"Saya kira ini jelas hitung hitungannya. Demokrat merapat bukan dengan dengan tawar menawar cawapres. Demokrat merapat karena itu satu satunya opsi," terang analis politik Juanda H Alim, Senin (18/9/2023).

Baca Juga

Menurut Juanda, kehadiran Demokrat di Koalisi tak terlalu signifikan. Artinya ada tidaknya Demokrat, tidak banyak memengaruhi keputusan soal penentuan cawapres.

"Sehingga saya katakan lobi lobi Demokrat masuk di Koalisi Prabowo bukan untuk cawapres. Ya karena itu pilihan paling realistis. Mau apa lagi. Itu pilihan terakhir," jelasnya.

Kata Juanda, dalam hutingan-hitungan politik, setelah hengkang dari Koalisi Anies-Cak Imin, Demokrat mustahil merapat ke PDIP untuk saat ini. SBY juga tidak akan memilih opsi lain. Seperti berada di barisan oposisi.

"Akhirnya memilih Prabowo adalah pilihan terakhir. Tapi Demokrat tahu konsekuensinya. Mereka tidak akan menerima banyak 'kue' di Koalisi ini. Sebab sudah ada PAN, Golkar. Tentu SBY sudah berhitung dia akan dapat apa nanti," papar Juanda.

Sekjen DPP Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya menyampaikan bahwa partainya memberikan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai calon presiden (Capres). Demokrat pun menitipkan agenda perubahan pada Prabowo saat pertemuan antara elit Demokrat dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) di kediaman Prabowo, di Hambalang, Bogor.

"Dalam pertemuan sore tadi (17/9), di Hambalang, Ketua Umum Partai Demokrat (Agus Harimurti Yudhoyono) menyampaikan hasil keputusan MTP Demokrat yang menyatakan Partai Demokrat mendukung Pak Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden pada Pilpres 2024," kata Teuku dalam keterangannya, Minggu (18/9/2023).

Dalam pertemuan tadi, Ketua Mejelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ditemani Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), bertemu dengan Prabowo Subianto, yang juga Ketum Partai Gerindra. Selain itu, hadir pula Ketum atau pimpinan partai dari Partai Golkar, PAN, PBB, Partai Gelora, PSI, Partai Garuda, dan Partai Prima.

"Pada kesempatan itu, Ketum AHY juga menitipkan agenda perubahan dan perbaikan yang diusung Partai Demokrat; yang sudah baik dilanjutkan, yang belum baik diperbaiki," katanya.

Teuku Riefky menegaskan AHY akan mengumumkan secara resmi dukungan untuk Prabowo sebagai Capres. Pengumuman itu akan disampaikan pada 21 September 2023.

"Adapun deklarasi resmi untuk keputusan ini, akan disampaikan oleh Ketua Umum Partai Demokrat AHY dalam Rapimnas Partai Demokrat, hari Kamis, 21 September 2023, yang diikuti ribuan pengurus Partai Demokrat dari seluruh Indonesia," katanya.

Demokrat Dukung Prabowo

Ketua Harian DPP Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, menyatakan Partai Demokrat telah resmi mendukung Prabowo Subianto sebagai Capres. Dukungan itu disampaikan dalam kunjungan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ke kediaman Prabowo di Hambalang.

"Kepada Kader Partai Gerindra di Seluruh Indonesia. Pada hari ini kita, Partai Gerindra telah menerima satu kehormatan dengan bertambahnya kekuatan dalam menghadapi pemilu presiden 2024," kata Dasco dalam keterangannya, Minggu (17/9/2023).

"Di mana pada hari ini, Partai kita telah resmi menerima bergabungnya Partai Demokrat ke dalam Koalisi Indonesia Maju," katanya.

Menurut Dasco, keputusan Demokrat merupakan keputusan Majelis Tinggi Partai Demokrat. Sehingga, Demokrat akan bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Dan dalam pertemuan itu, Partai Demokrat menyampaikan hasil keputusan Majelis Tinggi Partai Demokrat yang menyatakan partai Demokrat mendukung Pak Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden pada Pilpres 2024," katanya.

"Apa yang telah terjadi hari ini adalah sesuatu yang membuat kita bangga, sesuatu yang membuat kita kuat, sesuatu yang membuat kita bertambah semangat untuk berjuang ,sehingga mulai hari ini kita pererat kerjasama dengan saudara saudara kita dari partai demokrat seluruh Indonesia sebagai salah satu teman seperjuangan selain saudara saudara kita dari partai yg telah berkoalisi terlebih dahulu," katanya.

 

Editor : Muh. Syakir
#Partai Demokrat #Pilpres 2024
Berikan Komentar Anda