Sabtu, 09 Januari 2021 15:52

Kadinkes Malra Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 di Januari

Kadinkes Maluku Tenggara dr Katrinje Notanubun.
Kadinkes Maluku Tenggara dr Katrinje Notanubun.

Notanubun mengaku, kondisi pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit sangat tren secara nasional sampai mengakibatkan keterisian tempat tidur pada Desember itu mencapai 70% secara nasional dan Januari ini keterisian tempat tidur untuk Covid diperkirakan mencapai 100%.

MALRA, PEDOMANMEDIA - Kasus Covid-19 di Maluku Tenggara (Malra) meningkat tajam. Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Maluku Tenggara dr Katrinje Notanubun mengatakan akan mengantisipasi peningkatan jumlah positif Covid-19 di Januari ini.

"Saya melihat untuk Maluku Tenggara kasus kita Desember itu dia naik terlalu tajam, 58 pasien yang dirawat di RSUD Karel Satsuitubun. 45 dari kabupaten, 11 dari Kota Tual dan 2 dari Kepulauan Aru. Padahal dari bulan Maret-November itu dia 8,10 tapi Desember dia 56. Kemungkinan Januari ini kita harus antisipasi," katanya.

Notanubun mengaku, kondisi pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit sangat tren secara nasional sampai mengakibatkan keterisian tempat tidur pada Desember itu mencapai 70% secara nasional dan Januari ini keterisian tempat tidur untuk Covid diperkirakan mencapai 100%>

Baca Juga

"Dari meting penderita Covid-19 Kabupaten Maluku Tenggara, Langgur itu 17, Watdek 14, Perumnas 12, Pemda 10, Ohoijang 7, Kolser 6, Faan 5, Perumda 3, dan lain-lain sampai ke Langgiar Fer itu saja kita pantau, Rerean itu satu-satu. Elar Ngursoin 1, Nerong 1, Ohoiwait 1, Abean 1, Sathean 1, Debut 1, Debut 1, kita pantau semua. Jadi dokumennya ada jadi kita tidak main-main dan dianggap seperti begitu bagi sebagian orang, kita kerja serius," jelasnya.

Terkait vaksinasi di Malra, lanjut Notanubun, lebih dulu diberikan kepada tenaga kesehatan (dokter, bidan dan perawat) dari Januari-April 2021, sementara untuk seluruh masyarakat sampai dengan April tahun 2022.

Untuk itu, Notanubun turut minta terima kasih kepada bupati dan berharap mudah-mudahan timnya benar-benar dapat menerapkan prosedur kerja dengan terinci secara baik karna kasusnya sangat banyak sehingga hampir semua tempat tidur terisi penuh.

"Kita harus antisipasi ini, mudah-mudahan hari senin kita bisa bicara lebih teknis. Saya minta seluruh dukungan pimpinan OPD supaya jangan bertumpu pada satu OPD saja tapi tim Work yang diharapkan itu bisa kita laksanakan dengan baik," pungkasnya.

 

Penulis: Daniel

Editor : Jusrianto
#Pemkab Malra #Pasien Covid-19 #Dinkes Malra
Berikan Komentar Anda