Minggu, 14 Januari 2024 07:30

LIGA INGGRIS: Sengit, Manchester City Taklukkan Newcastle 3-2

Pemain Man City melepas tembakan ke arah gawang Newcastle. (int)
Pemain Man City melepas tembakan ke arah gawang Newcastle. (int)

Hasil itu membawa The Citizens naik ke peringkat kedua Klasemen Liga Inggris sementara dengan 43 poin

NEWCASTLE, PEDOMANMEDIA - Newcastle United takluk di kandang lewat pertarungan dramatis menghadapi Manchester City. Laga tuntas dengan skor 3-2

Duel Newcastle United vs Manchester City berlangsung di St Jame's Park, Minggu (14/1) dini hari. City masih tanpa Haaland dan De Bruyne duduk di bangku cadangan. Sedangkan tuan rumah, menurunkan pasukan terbaiknya.

City unggul duluan lewat Bernardo Silva. Namun The Magpies bisa comeback dengan dua gol selang dua menit lewat Isak dan Gordon.

Baca Juga

City bangkit di babak kedua. Gol dari De Bruyne dan Bobb bikin tim tamu comeback dan menang 3-2!

Hasil itu membawa The Citizens naik ke peringkat kedua Klasemen Liga Inggris sementara dengan 43 poin dari 20 laga, minus dua poin dari Liverpool di puncak. Newcastle turun ke peringkat ke-10 dengan masih 29 poin dan sudah tiga kali kalah beruntun.

Jalannya pertandingan

Newcastle United sempat mencetak gol di menit kedua. Isak berlari kencang lalu mengejar umpan lambung, kemudian mengirim umpan ke Sean Longstaff di depan gawang yang dituntaskannya menjadi gol. Wasit mengecek VAR, gol itu dianulir karena Isak sudah berada di posisi offside terlebih dulu.

Petaka buat Manchester City. Kiper Ederson ditarik keluar di menit kedelapan dan digantikan Ortega. Ederson sempat alami benturan dengan Longstaff (saat gol Newcastle dianulir) dan akhirnya tak bisa lanjutkan laga. Dirinya jalan dengan pincang meninggalkan lapangan.

Sampai 20 menit, City lebih mendominasi dalam penguasaan bola. The Magpies bertahan dengan rapat dan mengandalkan serangan balik dengan cepat.

Gol pertama Manchester City!

Bernardo Silva bawa Manchester City unggul duluan di menit ke-26. Bernardo tuntaskan umpan dari Walker dengan sepakan tumit belakang.

Para pemain Newcastle sempat protes ke wasit. Sebab sebelumnya, Gordon sempat dijatuhkan Ruben Dias tapi wasit tidak menilai sebagai pelanggaran.

Dua menit kemudian, Foden nyaris gandakan keunggulan. Sayang, sepakannya dari dalam kotak penalti masih melebar. Bernardo punya peluang lagi, namun Dubravka bisa menepisnya.

Gol pertama Newcastle!

Alexander Isak samakan kedudukan di menit ke-35. Diawali umpan lambung Bruno Guimaraes dari tengah lapangan, Isak kali ini berada dalam posisi onside. Sempat dibayangi Walker, sang striker dengan dingin menyepak bola ke pojok kanan atas gawang!

Gol kedua Newcastle!

Giliran Anthony Gordon tambah keunggulan Newcastle United di menit ke-37. Gordon dengan mulus menusuk ke sisi kanan pertahanan Man City, lalu lepas tembakan melengkung meski dibayangi Walker.

Lagi-lagi serangan balik! Isak nyaris menambah pundi-pundi golnya, andai sepakan jarak dekatnya tidak dimentahkan Ortega.

Laga sempat berjalan keras. Babak pertama ditutup dengan keunggulan tuan rumah 2-1.

Manchester City langsung menekan begitu peluit babak kedua dibunyikan. Newcastle United kembali bertahan dengan rapat.

Peluang pertama City di babak kedua hadir dari Alvarez pada menit ke-52. Sepakan tendangan bebasnya dari jarak 20 meter, masih mampu ditepis Dubravka.

Dubravka lakukan penyelamatan lagi. Lima menit kemudian, dirinya berada dalam posisi tepat untuk mengamankan tembakan terukur Foden.

Dubravka kembali gemilang. Dirinya mampu tepis sepakan jarak dekat dari Alvarez di menit ke-63.

Duh Alvarez! Tujuh menit kemudian sang striker dapat bola liar di depan gawang tapi tembakannya melambung tinggi.

Gol kedua Man City!

Kevin De Bruyne masuk, main, bikin gol! De Bruyne masuk di menit ke-69 gantikan Bernardo Silva. De Bruyne lalu cetak gol di menit ke-74 dengan menggiring bola ke depan kotak penalti dan lepas sepakan terukur.

Foden coba cetak gol jarak jauh di menit ke-80. Untungnya, Dubravka yang sempat keluar jauh dari sarangnya saat Newcastle lagi dapat tendangan sudut, bisa cepat kembali dan menggagalkannya.

City terus menekan, gantian Rodri punya peluang. Rodri menusuk ke dalam kotak penalti, menendang bola ke arah gawang, Dubravka menepisnya.

Gol ketiga Manchester City!

Manchester City berbalik unggul lagi 3-2 lewat pemain muda mereka, Oscar Bobb di menit ke-90+1. De Bruyne umpan lambung yang dikejar Bobb, dirinya lalu lewati Trippier dan kecoh Dubravka dengan kaki-kaki cepatnya.

City amankan tiga poin dari kandangnya The Magpies.

 

Editor : Muh. Syakir
#Liga Inggris #Manchester City #Newcastle United
Berikan Komentar Anda