Senin, 11 Januari 2021 11:38

Cerita Para ASN Soal Bupati Enrekang yang Sudah Cetak 1.000 Megister

Bupati Enrekang Muslimin Bando memberi kemudahan kepada ASN untuk melanjutkan pendidikan.
Bupati Enrekang Muslimin Bando memberi kemudahan kepada ASN untuk melanjutkan pendidikan.

Peran Bupati MB dalam membuka keran pendidikan bagi ASN sangat besar. Di masanya MB telah mencetak lebih dari 1.000 ASN bergelar megister.

ENREKANG, PEDOMANMEDIA - Bupati Enrekang Muslimin Bando dipuji banyak mendorong peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Enrekang. Sejak menjabat bupati 2013, MB sudah mencetak lebih dari 1.000 ASN bergelar megister.

"Sampai sekarang telah mencetak kurang lebih seribuan master ASN dan guru melalui fasilitas kemudahan. Temasuk mengakses ijin belajar," terang Kasubdit Litbang Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Enrekang Muhammad Aries Yasin, Senin (11/1/2020).

Aries mengatakan, peran Bupati MB dalam membuka keran pendidikan bagi ASN sangat besar. Manfaat ASN melanjutkan pendidikan yang paling pokok adalah untuk meningkatkan SDM walaupun normatifnya telah tertuang dalam visi misi RPJMD.

Baca Juga

Kata Aries, pencapaian tertinggi ASN dilihat dari level pendidikan. Meski tak linear dengan kinerja tetapi minimal dengan tingginya tingkat pendidikan akan berimplikasi terhadap tingginya kinerja.

"Dalam artian memiliki kemampuan analisis kebijakan yang baik, evaluasi kebijakan yang baik, monitoring kebijakan yang baik. Itu yang di inginkan Bupati untuk meningkatkan kwalitas SDM melalui pendidikan," jelasnya.

Dijelaskan pula Aries bahwa  Pemda Enrekang dalam hal ini Bupati Muslimin Bando memberikan kemudahan fasilitas akses izin belajar. Bahwa ijin belajar tidak dianggarkan tetapi Bupati sebagai personal dan Bupati sebagai Kepala Daerah mendorong aparaturnya untuk mencapai level pendidikan tertinggi

"Fasilitas Ijin belajar tidak diinput oleh APBD sehingga tidak membebani keuangan daerah tetapi diinput oleh inisiatif pribadi atas dorongan pimpinan untuk meningkatkan SDM masing masing ASN. Investasi pendidikan mengurangi biaya ke sektor sektor lain sehingga rekan rekan ASN disupport untuk mendapatkan akses Ijin belajar," kata Muhammad Aries.

Kepala Bappeda Kabupaten Enrekang Chaidar Bulu menambahkan, Bupati Muslimin Bando mempunyai kemampuan untuk mengidentifikasi bawahannya siapa siapa yang bisa didorong. Artinya kata dia, blupati melihat ada prospek yang bisa berkinerja tinggi bila dimotivasi untuk meningkatkan SDM-nya.

"Dengan catatan bahwa tidak mengganggu pelayanan ke publik karena tugas ASN adalah melayani publik jadi tugas ASN yang harus diutamakan," ucap Chaidar Bulu.

Di ungkapkan pula bahwa sekarang trendnya bupati menginginkan dan mendorong peningkatan SDM di jenjang S3. Januari 2021 ini sudah 17 orang yang sudah teregistrasi untuk melanjutkan S3 dan pada periode sebelumnya telah mencetak 5 orang yang sudah bergelar doktor.

Penulis : Rahmat Lamada
Editor : Muh. Syakir
#Bupati Enrekang Muslimin Bando #Gelar Megister #ASN #Pemkab Enrekang
Berikan Komentar Anda