Kamis, 14 Januari 2021 14:15

Dana Desa di Demago Deiyai Diprioritaskan untuk Bangun SDM

Mahasiswa UPP PGSD FKIP Universitas Cendrawasih Nabire Andreas Pigai
Mahasiswa UPP PGSD FKIP Universitas Cendrawasih Nabire Andreas Pigai

Program ini dirumuskan dengan pertimbangan kedudukan Kampung yang terletak di wilayah perbatasan.

DEIYAI, PEDOMANMEDIA - Pembangunan sumber daya manusia (SDM) dijadikan program prioritas di Kampung Demago. Dimana, dana desa dapat dipergunakan untuk membiayai siswa dan mahasiswa yang berasal dari Kampung Demago.

Pasalnya, kampung Demago terletak di perbatasan Kabupaten Deiyai dan Kabupaten Dogiya. Program ini dirumuskan dengan pertimbangan kedudukan Kampung yang terletak di wilayah perbatasan.

Salah satu Mahasiswa UPP PGSD FKIP Universitas Cendrawasih Nabire Andreas Pigai mengapresiasi aparat Kampung Demago.

"Saya bersyukur sebab Tuhan berikan ide dan gagasan yang baik kepada orang tua kami. Melalui pemikiran yang baik dari orang tua kami, kami diberikan beasiswa untuk meringankan beban orang tua kami," ungkapnya.

"Pola baru, program beasiswa yang bersumber dari anggaran desa merupakan terobosan untuk kepentingan ke depan," tambah Andreas.

Kampung Demago Distrik Tigi Barat Kabupaten Deiyai bertekad membangun SDM agar kelak nanti kembali bangun kampung. Bersumber dari dana desa dapat memberi beasiswa bagi siswa dan mahasiswauntuk meringankan beban orang tua kami. Realisasi dikucurkan tiap triwulan.

Ia pun menyampaikan terima kasih kepada pihak Kepala Desa Kampung Demago dan masyarakat yang dimana mengalokasikan dana untuk anak-anak siswa dan mahasiswa.

"Harapan saya, harus ditingkatkan untuk mengutamakan membangun SDM di bidang pendidikan, bidang ekonomi, infrastruktur jalan, jembatan dan pemukiman," jelasnya.

"Membuat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) berlandaskan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Deiyai. Deiyai Bangkit Kerja Munuju Mandiri dan Sejathera berlandaskan "Dou Gai Ekowai," pungkasnya.

 

Penulis : Jackson Ikomou
Editor : Jusrianto
#Pembangunan SDM #Kampung Demago #Pemkab Deiyai
Berikan Komentar Anda