Sabtu, 24 Februari 2024 12:59

8 Putra Rongkong Ikut Diklat Pilot Paralayang, Pemda Lutra Harap Dorong Pariwisata

Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pilot Paralayang Lutra.
Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pilot Paralayang Lutra.

Ketua Asosiasi Paralayang Indonesia, Asgaf Umar, mengaku takjub dengan potensi paralayang di Rongkong.

LUTRA, PEDOMANMEDIA - Sebanyak delapan siswa yang merupakan para putra Rongkong mengikuti kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pilot Paralayang. Diklat Paralayang ini dilaksanakan selama 14 hari ke depan, mulai tanggal 21 Februari sampai 7 Maret 2024 mendatang.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Abdul Hamid, mengatakan bahwa Diklat Paralayang ini merupakan tindak lanjut dari hasil eksplorasi dan studi kelayakan potensi olahraga dan wisata paralayang yang dilaksanakan pada 2023 lalu.

“Eksplorasi dan studi kelayakan potensi olahraga paralayang ini terselenggara berkat kerja sama dengan Asosiasi Paralayang Indonesia dan KONI Lutra yang menyimpulkan Rongkong potensial untuk pengembangan wisata paralayang,” ucap Hamid saat membuka Diklat Paralayang, Rabu (21/2/2024), di Taman Wisata Nase Desa Limbong Kecamatan Rongkong.

Baca Juga

Untuk itu, hasil eksplorasi dan studi kelayakan ini perlu ditindaklanjuti dengan kesiapan sumber daya manusia, serta sarana dan prasarana pendukung lainnya.

“Tahun ini, kita mulai dengan melaksanakan Diklat Pilot Paralayang sebagai wujud komitmen pemerintah daerah dalam mendorong pembangunan pariwisata yang berkelanjutan,” tutur Hamid.

Dikatakan Hamid, Diklat Paralayang ini diharapkan dapat mendorong pemberdayaan warga lokal untuk menciptakan pilot-pilot paralayang yang profesional agar tidak lagi menjadi penonton, melainkan ikut berperan aktif dalam mengembangkan wisata paralayang di Rongkong.

“Kita ingin menjadikan Rongkong sebagai daerah tujuan wisata dengan salah satu daya tarik utamanya adalah wisata paralayang. Untuk itu, dengan kolaborasi multipihak ini, kita optimistis menjadikan Rongkong sebagai wisata unggulan di Sulawesi Selatan, bahkan dunia,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Igho, begitu Hamid akrab disapa, tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut berkontribusi dalam pelaksanaan kegiatan ini.

“Terima kasih kepada Bapak Asgaf Umar beserta tim yang telah jauh-jauh datang ke Luwu Utara untuk mendukung kegiatan ini,” kata Hamid.

Tak lupa Hamid juga menyampaikan ucapan yang sama kepada pemerintah kecamatan dan desa, serta semua pihak atas kelancaran kegiatan ini.

“Terima kasih atas segala dukungan kita semua, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik,” ucapnya.

Diketahui, Asgaf Umar adalah Ketua Asosiasi Paralayang Indonesia yang hadir langsung untuk memberikan pelatihan kepada delapan calon pilot paralayang di Rongkong.

Sementara Ketua Asosiasi Paralayang Indonesia, Asgaf Umar, mengaku takjub dengan potensi paralayang di Rongkong. Kata dia, Rongkong salah satu yang terbaik untuk pengembangan olahraga dan wisata paralayang. Ia pun berharap agar diklat paralayang ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mencetak para pilot paralayang yang tangguh dan profesional.

“Terus terang, kecamatan Rongkong ini sangat potensial untuk pengembangan olahraga dan pariwisata paralayang Indonesia. Untuk itu, jangan sia-siakan kesempatan untuk mengikuti diklat paralayang selama dua minggu ke depan. Karena para pelatih yang kami libatkan adalah para pelatih yang sudah berpengalaman,” kata Asgaf, yang juga ikut memberikan pelatihan.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pariwisata Disporapar Luwu Utara, Bulan Masagena, menyebutkan bahwa tujuan diklat paralayang ini adalah untuk meningkatkan SDM yang diharapkan dapat menghasilkan pilot-pilot paralayang yang mampu mengelola wisata paralayang di Rongkong secara profesional dan berkelanjutan.

“Ini juga sebagai pemantik kepada wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara, untuk berkunjung ke Luwu Utara, yang tentunya berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” jelas Bulan.

Diketahui, diklat paralayang ini salah satu strategi pemda dalam mendukung sport tourism di Luwu Utara, khususnya wisata paralayang.

Selain Kadisporapar Abdul Hamid dan Ketua Asosiasi Paralayang Indonesia Asgaf Umar, turut pula hadir dalam kegiatan ini, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Rongkong, Kepala Desa se-Kecamatan Rongkong, Ketua KONI Luwu Utara Hamrullah Dhuha Saymar, Ketua FASI Luwu Utara, para Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, serta Tokoh Masyarakat lainnya.

Editor : Muh. Syakir
#Pemkab Lutra
Berikan Komentar Anda