Jumat, 15 Januari 2021 18:15

Soal Vaksin Covid-19, Sekdis Kesehatan Malra: Tidak Mungkin Pemerintah Susahkan Rakyat

Sekdis Malra Tibrani Wear.
Sekdis Malra Tibrani Wear.

Wear menjelaskan bahwa pemberian vaksin baru pertama kali dilaksanakan di seluruh daerah, Kabupaten Maluku Tenggara termasuk salah satunya yang juga siap melakukan vaksinasi.

MALRA, PEDOMANMEDIA - Sekretaris Dinas (Sekdis) Kesehatan Maluku Tenggara (Malra) Tibrani Wear mengatakan bahwa inti dari pelaksanaan vaksinasi adalah untuk mencegah masyarakat dari terjangkitnya Covid-19. Tidak mungkin pemerintah menyusahkan masyarakatnya.

Menurutnya, program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah di awal tahun ini dipastikan berguna serta memberikan dampak positif bagi kemaslahatan masyarakat di Kabupaten Malra.

"Sebagai benda baru yang masuk ke tubuh manusia tentu tidak mengarah ke hal-hal yang negatif. Karena tidak mungkin pemerintah menyusahkan masyarakatnya itu sendiri," katanya, Jum'at (15/1/2021)

Baca Juga

Wear menjelaskan bahwa pemberian vaksin baru pertama kali dilaksanakan di seluruh daerah, Kabupaten Maluku Tenggara termasuk salah satunya yang juga siap melakukan vaksinasi. Namun untuk meyakinkan masyarakat, dirinya optimis meyakinkan bahwa Pemerintah tidak salah dalam mengambil kebijakan tersebut.

Ia menerangkan bahwa vaksin yang diberikan sudah barang tentu aman dan halal dan dapat menangkal Covid-19.

Sehubungan kegiatan pendistribusian vaksin di Kabupaten Malra, Wear mengatakan pelaksanaan vaksinasi yang awalnya direncanakan akan pada 20 januari 2021 ini kemudian ditunda pelaksanaannya berdasarkan surat penundaan pemerintah.

"Vaksinnya sudah ada di provinsi dan untuk pendistribusian vaksin ke Kabupaten Malra direncanakan awal Februari 2021," ungkapnya.

Untuk wilayah Maluku, lanjut Wear pelaksanaan vaksinasi berlangsung hari itu juga berdasarkan surat tertanggal 15 januari 2021.

"Hari ini pelaksanaan vaksinasi di Ambon yang pertama itu untuk sumber daya manusia kesehatan ditambah dengan pejabat publik dan tokoh agama yaitu pada hari ini dilaksanakan.

Sementara itu untuk Kabupaten Maluku Tenggara belum ada jadwalnya karena nantinya sekitar tanggal 21, awal Februari itu baru vaksin didistribusikan di Kabupaten Malra," ujarnya.

Terkait dengan persiapan vaksinasi di Malra, Wear menambakan bahwa direncanakan pada Senin mendatang akan dilaksanakan rapat dengan instansi terkait guna membahas terkait penjemputan vaksin di Kabupaten Malra.

"Kemarin dan hari ini ada petugas dari balai 4 Provinsi Maluku datang ke sini minta izin untuk pemeriksaan dan sudah dilaksanakan kemarin. Hari ini batas terakhir mereka bertugas, mungkin besok sudah pulang," sebutnya.

Sejauh ini, Wear mengaku hari kemarin pemeriksaan yang dilakukan adalah terkait kesediaan rumah-rumah sakit dan sejumlah puskesmas di Kota Langgur sampai Debut. Sedangkan untuk hari ini pelaksanaanya berlangsung di Desa/Ohoi Ohoira dan sekitarnya.

Wear berharap nantinya pada saat pelaksanaan vaksinasi di wilayah setempat, masyarakat dapat menerimanya dengan baik demi kesehatannya.

 

Penulis: Daniel

Editor : Jusrianto
#Pemkab Malra #Vaksin Covid-19
Berikan Komentar Anda