Sabtu, 30 Maret 2024 17:11

PKB Bulukumba "Tantang" Figur Eksternal Ikut Penjaringan Bacabup

Ketua DPC PKB Bulukumba, Fahidin HDK /Ist
Ketua DPC PKB Bulukumba, Fahidin HDK /Ist

PKB mengundang seluruh anak bangsa di Bulukumba ini untuk ikut penjaringan Pilkada.

BULUKUMBA, PEDOMANMEDIA— Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Bulukumba "tak ngotot" mengusul kadernya di pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024. PKB terlebih dahulu, akan membuka ruang seluas-luasnya, termasuk non-kader untuk ikut penjaringan bakal calon kepala daerah Bulukumba.

Partai yang berhasil menjadi runner-up di pemilu legislatif (Pileg) 2024 di Bulukumba ini, telah membentuk Tim Desk Pilkada. Tim ini, bekerja selama proses penjaringan bakal calon kepala daerah.

"Kami sudah membentuk Tim Desk Pilkada. Ketuanya Pak Fadli Fado. Sisa menunggu instruksi dari DPP untuk pendaftarannya," kata Ketua DPC PKB Bulukumba, Fahidin HDK kepada wartawan, Jumat (29/3/2024) malam.

Baca Juga

Olehnya, PKB mengundang seluruh anak bangsa di Bulukumba ini, untuk ikut penjaringan Pilkada. Undangan itu terbuka untuk umum, temasuk kepada Andi Muchtar Ali Yusuf dan Andi Edy Manaf.

Fahidin menegaskan bahwa PKB akan berupaya mempersembahkan yang terbaik di Pilkada Bulukumba. Sehingga kekalahan di Pilkada Bulukumba 2019 lalu, tak terulang pada November 2024 mendatang.

"Kita target menang dan sudah pasti mau calon Bupati. Tapi kami tetap akan memantau perkembangan politik. Pada akhirnya kami akan mengambil sikap sebagai hasil ijtihad," ujar Fahidin.

Menurutnya, calon incumbent atau petahana nantinya akan selalu menjadi favorit dan diminati oleh masyarakat untuk didiskusikan. Meski begitu, kata Fahidin, terlalu dini untuk membahas calon apakah 01 atau 02.

"PKB mau undang dulu para calon-calon pemimpin kita untuk mendaftar. Setelah itu, kita akan evaluasi bersama siapa yang berpeluan menang," jelasnya.

"Kita belum mau menggiring opini ke satu figur. Waktunya masih panjang," tambah Fahidin, caleg yang digadang-gadang terpilih kembali untuk kelima kalinya sebagai wakil rakyat di parlemen Bulukumba.

Fahidin mengatakan, syarat untuk ikut penjaringan di PKB Bulukumba tak begitu ribet. Syarat tersebut, seperti biasa ambil formulir, kemudian diisi untuk dikembalikan dan disertai CV (curriculum vitae).

"Untuk waktunya akan diumumkan jika sudah ada perintah dari DPP PKB di Jakarta. Jika ada bacalon sudah dapat rekom dari partai lain, boleh melampirkan sebagai bagian kelengkapan berkasnya," tandasnya.

Sebelumnya juga, sekretaris DPW PKB Sulawesi Selatan Muh Haekal menjelaskan bahwa meskipun kader tetap menjadi pilihan prioritas untuk diusul, pihaknya tetap membuka ruang kepada non-kader.

"Tentu dengan catatan mengikuti mekanisme prosedur yang akan dilakukan PKB," ujarnya.

Penulis : Saiful
Editor : Rahma Amin
#PKB Bulukumba #Pilkada Bulukumba
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer