Selasa, 04 Juni 2024 13:08

Disebut Keciprat Reward Rp350 Juta dari Bank Sulselbar, Ketua KPU Tator: Kita Terima Barang

Berthy Paluangan
Berthy Paluangan

Berthy menerangkan, barang reward tersebut setelah diterima dibuktikan dengan adanya berita acara serah terima yang sesuai dengan regulasi yang ada

TATOR, PEDOMANMEDIA - Ketua KPU Tana Toraja Berthy Paluangan membantah menerima reward dari Bank Sulselbar berupa uang sebesar Rp350 juta. Berthy menegaskan reward tersebut diterima dalam bentuk barang yang akan digunakan di sekretariat KPU Tator.

"Kita belum tanda tangan apa-apa, tetapi waktu itu Bank Sulselbar salah satu itu dia akan memberikan dalam bentuk barang dan itu kesepakatan kita," ujar Berthy kepada PEDOMANMEDIA, Selasa (04/06/2024).

Dijelaskan Berthy, reward tersebut diberikan oleh bank penampung dana hibah Pilkada. Yang diberikan dalam bentuk barang sarana dan prasarana.

Baca Juga

"Reward itu semata-mata berasal dari bank penampung dana hibah Pilkada (bukan diambil dari dana hibah Pilkada) yang diberikan dalam bentuk barang sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan KPU Kabupaten Tana Toraja," jelasnya.

Berthy menerangkan, barang reward tersebut setelah diterima dibuktikan dengan adanya berita acara serah terima yang sesuai dengan regulasi yang ada dan akan dicatatkan sebagai barang milik negara.

"Barang-barang tersebut setelah diterima dibuktikan melalui adanya berita acara serah terima tentunya sesuai dengan regulasi yang ada bahwa akan dicatatkan sebagai Barang Milik Negara (BMN)," terang Berthy.

"Barangnya fasilitas itu, misalnya komputer, sarana-sarana, PC beberapa itu, dan semua dicatat di dalam barang milik negara, belum kami terima," ucap Berthy.

Berthy menjelaskan, reward yang diterima di luar dari dana hibah untuk Pilkada sebesar Rp26,5 miliar yang masuk diBank Sulselbar.

"Itu mi Rp26,5 milliar masuk di Bank Sulselbar, tapi dibagi dua tahap termin, termin pertama 40 persen, termin kedua 60 persen. Jadi yang sekarang masuk itu baru 40 persen dari Rp26,5 miliar," tutup Berthy.

Sebelumnya, PEDOMANMEDIA menerima informasi bahwa Ketua KPU Tana Toraja mendapat dana hibah uang tunai dari Bank Sulselbar, hasil beauty contes penyimpanan dana hibah Pilkada Tana Toraja tahun 2024 sebesar Rp350 juta. Tapi tidak disetor ke kas negara, melainkan di gunakan membeli iPhone untuk pemakaian pribadi.

"Selamat Pagi. Mungkin bisa dikonfirmasi untuk jadi berita, ketua KPU Tana Toraja mendapat hibah uang tunai dari Bank Sulselbar, hasil beauty contes penyimpanan dana hibah Pilkada Tana Toraja tahun 2024 sebesar Rp350 juta. Tapi tidak disetor ke kas negara, tapi di gunakan untuk pembelian iPhone untuk pemakaian pribadi," ujar sumber itu.

 

Penulis : Nober Salamba
Editor : Muh. Syakir
#KPU Tator
Berikan Komentar Anda