Jumat, 07 Juni 2024 16:23

Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia: Sudah 13 Tim Lolos ke Babak Ketiga, Tersisa 5 Tiket

Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia: Sudah 13 Tim Lolos ke Babak Ketiga, Tersisa 5 Tiket

Jepang juga memastikan lolos ke putaran tiga lebih dulu dari Grup B.

JAKARTA, PEDOMANMEDIA - Sebanyak 13 tim telah memastikan tempat di fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. 5 tiket tersisa kini tengah diperebutkan.

Babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia mendekati akhir. Dari 9 grup, sebanyak 13 tim sudah memastikan tempat di fase ketiga. Beberapa di antaranya mencetak sejarah baru berkat kelolosannya.

Dari Grup A, Qatar menjadi tim yang lolos dengan predikat juara grup. Qatar mengoleksi 13 poin, jauh meninggalkan India dan Afghanistan (5 poin).

Baca Juga

Jepang juga memastikan lolos ke putaran tiga lebih dulu dari Grup B. Samurai Biru lolos dengan predikat juara grup, usai mengoleksi 15 poin hingga laga kelimanya, unggul delapan angka dari Suriah.

Kemudian di Grup C, Korea Selatan juga memastikan maju ke fase ketiga. Taegeuk Warriors memimpin kllasemen dengan 13 poin, unggul lima angka dari China di tempat kedua.

Oman menjadi wakil dari Grup D, usai mengumpulkan 12 poin. Oman sudah aman dan tinggal memastikan posisi juara grup, karena masih bersaing denga Kirgistan.

Iran dan Uzbekistan sudah mewakili Grup E ke fase ketiga Piala Asia. Keduanya sama-sama mengumpulkan 13 poin, dan tinggal berebut posisi juara grup di laga terakhir.

Sementara Irak lebih dulu lolos dari Grup F, meninggalkan Indonesia dan Vietnam. Indonesia dan Vietnam harus bersaing di matchday terakhir untuk mendampingi Irak di fase ketiga.

Di Grup G, Arab Saudi dan Yordania juga sudah lolos ke fase ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Arab memimpin dengan 13 poin, diikuti Yordania dengan 10 poin. Keduanya akan berebut juara grup di laga terakhir.

Sementara itu, Uni Emirat Arab dan Bahrain lolos ke fase ketiga dari Grup H. UEA memimpin dengan 15 poin, diikut Bahrain dengan 10 poin.

Terakhir, Australia dan Palestina kemudian menjadi wakil dari Grup 1. Socceroos memimpin dengan 15 poin, diikuti Palestina dengan 8 poin. Palestina untuk kali pertama maju ke fase ketiga kualifikasi.

Akan ada 18 tim yang bertanding, dan terbagi menjadi 3 grup yang masing-masing diisi 6 tim. Artinya, masih ada lima tiket yang harus direbutkan lagi.

Dua tim teratas dari tiap grup akan mendapat tiket mewakili Asia di putaran final Piala Dunia 2026 di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada dua tahun lagi.

Tim Lolos ke Fase kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Qatar

Jepang

Korea Selatan

Oman

Iran

Uzbekistan

Irak

Arab Saudi

Yordania

Uni Emirat Arab

Bahrain

Australia

Palestina

 

Editor : Muh. Syakir
#Kualifikasi Piala Dunia 2026
Berikan Komentar Anda