Jumat, 28 Juni 2024 21:03

Generasi Z dan Aplikasi Mobile JKN: Kemudahan Akses Kesehatan di Ujung Jari

Hafizal
Hafizal

Ia berharap akan ada lebih banyak fitur baru yang memudahkan peserta JKN di masa depan

TATOR, PEDOMANMEDIA - Muh. Hafizal Hazali 17 tahun, generasi Z yang tumbuh dengan teknologi digital, telah menemukan cara baru untuk mengelola Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui aplikasi mobile. Berdomisili di Makale dan tinggal dengan keluarga angkatnya, Hafizal mengalami kesulitan dalam mengakses informasi kartu BPJS Kesehatan yang biasanya dipegang orang tuanya. Namun, dengan bantuan media sosial, dia menemukan Aplikasi Mobile JKN.

"Proses registrasinya mudah, cukup memasukkan nomor NIK dan nomor handphone, kemudian aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang sangat berguna seperti kartu digital dan info kepesertaan," jelasnya.

Sebelumnya terdaftar sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI), Hafizal juga menikmati kemudahan skrining riwayat kesehatan melalui aplikasi ini. "Saya sudah melakukan skrining dan mendapat hasil resiko rendah dari penyakit seperti diabetes, jantung, ginjal, dan hipertensi," tambahnya.

Baca Juga

Menurutnya, ini penting karena memungkinkan untuk mencegah penyakit sejak dini, terutama dengan pola makan generasi muda saat ini yang beragam.

Aplikasi Mobile JKN juga memberikan keuntungan lain berupa informasi lokasi fasilitas kesehatan yang terdekat, serta fitur antrean online yang memudahkan peserta untuk mendaftar tanpa harus datang ke faskes terlebih dahulu.

"Dengan fitur antrean online, saya yakin masyarakat akan terbantu karena tidak perlu lagi antre lama di fasilitas kesehatan," ujarnya.

Hafizal mendorong masyarakat untuk mengunduh Aplikasi Mobile JKN agar dapat memanfaatkan berbagai fitur yang mempermudah dalam mengelola administrasi dan mendapatkan informasi terkait layanan kesehatan.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada BPJS Kesehatan atas inovasi ini dan berharap akan ada lebih banyak fitur baru yang memudahkan peserta JKN di masa depan.

Dengan semangat generasi muda seperti Hafizal, pemanfaatan teknologi digital dalam pengelolaan kesehatan semakin memberikan harapan untuk akses kesehatan yang lebih mudah dan efisien bagi semua orang.

Penulis : Nober Salamba
Editor : Redaksi
#BPJS Kesehatan Makale
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer