Selasa, 06 April 2021 19:27

Anggota DPRD Wajo Tantang Warga Sulap Enceng Gondok Jadi Produk Bernilai

Anggota Komisi III DPRD Wajo, Elfrianto
Anggota Komisi III DPRD Wajo, Elfrianto

Kerap menjadi hama di seputar bantaran sungai dan danau di Kabupaten Wajo, Anggota Komisi III DPRD Wajo, Elfrianto menantang warga berkreasi dengan tumbuhan air tersebut

SENGKANG, PEDOMANMEDIA - Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Wajo, Elfrianto menantang warga untuk berkreasi, mengubah hama enceng gondok menjadi produk bernilai ekonomis.

Kevin sapaan Elfrianto mengatakan, di Yogyakarta tanaman hama tersebut justru diubah menjadi sangat menguntungkan, produk-produk dari enceng gondok itu, oleh warga kata Kevin, telah menembus pasar-pasar Eropa.

"Didaerah Jogya itu, dengan tangan-tangan terampil dari Dian Handy Craft Salamrejo Kulon Progo DIY, Bungka Bungka atau Enceng gondok ini mampu menembus pasar Eropa dan bahkan saat ini daerah tersebut kekurangan bahan baku 4 ton," ujar Kevin, Selasa (6/4). 

Baca Juga

Untuk itu Dirinya berharap Wajo bisa mengelola dan menghasilkan nilai ekonomis atau jadi penghasilan bagi masyarakat.

"Eceng Gondok/ Bungka-Bungka di Danau Tempe selama ini hanya menjadi masalah besar dimana salah satu penyebab pendangkalan dan penyebab menurunnya kondisi ekosistem Danau Tempe Wajo, untuk itu putra-putri Lamaddukkelleng dengan dukungan pemerintah, kita tunggu inovasi dan kreasinya," pungkasnya.

 

Editor : Muh. Chaidir
#Komisi III DPRD Wajo # #PAN # #Elfrianto # #Hama Enceng Gondok #
Berikan Komentar Anda