Kamis, 15 April 2021 13:17

Jelang PSM vs Persija: Bentrok Klasik yang Bukan Sekadar Menang Kalah

Syamsuddin Batola akan membawa anak asuhnya melakoni laga menghadapi Persija malam nanti. (int)
Syamsuddin Batola akan membawa anak asuhnya melakoni laga menghadapi Persija malam nanti. (int)

PSM juga punya kepentingan menjaga tren atas Macan Kemayoran. Di semua level kompetisi, PSM masih lebih baik atas sang rival.

MAKASSAR, PEDOMANMEDIA - PSM akan bentrok Persija malam nanti dalam laga semifinal Piala Menpora. Pertemuan ini sarat misi. Bukan sekadar menang atau kalah.

"Kedua tim punya sejarah pertemuan panjang. PSM saya kira punya tren bagus atas Persija. Jadi pertandingan malam nanti akan menarik dari banyak sisi," ujar Alif Syahriadi, pemerhati sepakbola Sulsel, Kamis (15/4/2021).

Menurutnya, bagi PSM pertemuan ini bukan sekadar memburu kemenangan. Di dalamnya ada gengsi. Harga diri. Dan juga pembuktian sebuah nama besar.

Baca Juga

"PSM itu tim tua. Representasi Indonesia timur. Persija representasi Jawa. Jadi ada gengsi di situ. Saya kira ini yang membuatnya punya magnet," katanya.

PSM juga punya kepentingan menjaga tren atas Macan Kemayoran. Sejauh ini Pasukan Ramang punya catatan apik atas Persija. Di semua level kompetisi, PSM masih lebih baik atas sang rival.

Tak hanya itu, laga ini juga akan menjadi ajang pembuktian personal bagi Syamsuddin Batola atas debutnya bersama Juku Eja. Sang arsitek sangat ingin membuktikan bahwa revoluasi tanpa pemain asing di timnya bisa menyuguhkan prestasi.

"Catatan pentingnya adalah inilah kali pertama PSM tampil tanpa pemain asing sejak menjuarai liga perserikatan. Dan itu revolusi luar biasa yang dilakukan Batola," jelas Alif.

Sejauh ini Syamsuddin sukses membawa PSM melangkah ke semifinal. Di babak penyisihan ia membalikkan banyak prediksi usai membungkam tim favorit Persija dengan skor telak 2-0.

Baik Persija maupun PSM sama-sama lolos dengan pencapaian meyakinkan. PSM memastikan tiket ke semi final usai memenangi adu penalti melawan PSIS. Sementara sehari setelahnya, giliran Persija menyusul usai menganvaskan Barito.

Pelatih PSM Syamsuddin Batola tak mau jumawa. Ia mengatakan timnya dalam kepercayaan diri tinggi. Tapi Persija juga tengah dalam tren baik.

"Yang jelas saya pastikan kami akan bertarung habis-habisan. Lupakan kemenangan di babak grup," kata Syamsuddin.

Kata dia, kemenangan PSM di babak grup atas Persija tak boleh jadi cerminan dalam pertemuan di semifinal nanti. Persija telah menemukan bentuk permainannya.

Mereka telah kembali dengan daya dobrak luar biasa.

"Kuncinya, bermain sebaik mungkin. Jangan lengah. Saya ingatkan anak-anak bahwa sepak bola bukan sekadar soal taktik dan fisik. Tapi juga mental," ujarnya.

Editor : Muh. Syakir
#Piala Menpora #PSM Makassar #Persija Jakarta #Pelatih PSM Syamsuddin Batola
Berikan Komentar Anda