Kamis, 22 April 2021 07:03

Gowa Perketat Larangan Mudik ASN, Wabup: Jangan Coba-coba

Wabup Gowa mengingatkan ASN agar tak coba-coba mudik.
Wabup Gowa mengingatkan ASN agar tak coba-coba mudik.

Wakil Bupati Gowa menyebut berdasarkan hasil analisis, long weekend libur Lebaran termasuk momentum rentan terhadap kenaikan angka kasus.

GOWA, PEDOMANMEDIA - Pemerintah Kabupaten Gowa mengingatkan ASN agar mematuhi ketentuan larangan mudik Lebaran 2021. Pemkab akan mengontrol pergerakan warga yang keluar masuk Gowa mulai 6 Mei nanti.

"Inikan jelas ya. Pemerintah pusat sudah memberi peringatan agar tidak ada mudik Lebaran. Kami wanti wanti ASN agar patuh pada ketentuan ini," terang Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni, Rabu (21/4/2021).

Karaeng Kio sapaan Wakil Bupati Gowa mengatakan, larangan mudik masih tekait dengan upaya pemerintah menekan penyebaran Covid-19. Berdasarkan hasil analisis, long weekend termasuk libur Lebaran termasuk momentum rentan terhadap kenaikan angka kasus.

Baca Juga

"Tentu kita sebagai ASN harus mematuhi aturan yang telah ditentukan bahwa dilarang mudik. Kami harap jangan ada coba-coba untuk mudik dan melanggar aturan yang telah ditentukan oleh pusat, termasuk bagi ASN lingkup Pemkab Gowa," tegasnya.

Selain ASN, Kio juga berharap masyarakat untuk tidak mudik. Karena menurutnya dalam aturan tersebut larangan bukan hanya berlaku untuk ASN. Tapi juga bagi masyarakat umum.

"Karena saat ini kita masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Kita berharap agar tidak ada lagi klaster baru penularan Covid-19 yang ditimbulkan akibat mudik ini," harapnya.

Sebelumnya, pemerintah pusat resmi melarang mudik Lebaran pada Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Larangan ini tertuang dalam Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah selama 6 hingga 17 Mei 2021.

Selain Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19, larangan mudik juga tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan atau Permenhub No. PM 13 tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Masa Idul Fitri 1442 H.

Presiden Joko Widodo sebelumnya kembali menegaskan larangan mudik sebagai upaya proteksi terhadap pandemi. Meski relatif landai dalam sebulan, kasus diprediksi bisa meledak lagi pada momen long weekend.

Awal Maret lalu Presiden Joko Widodo memutuskan larangan mudik Lebaran 2021 seperti tahun sebelumnya. Kenaikan kurva Covid-19 di setiap long weekend menjadi pertimbangan pemerintah.

"Setiap long weekend angka kasus selalu naik sampai 40%," jelas Jokowi.

Menurut Kepala Negara, pemerintah sangat berhati hati memutuskan ini. Pasalnya dalam 4 kali libur panjang, semua menyumbang angka kenaikan kasus sampai 40%.

 

Penulis : Hasan
Editor : Muh. Syakir
#Wabup Gowa #Pemkab Gowa #Long Weekend #Larangan Mudik
Berikan Komentar Anda