Kamis, 22 April 2021 13:11

Raih Nilai Sakip dan RB Tertinggi di Sulsel, Pemkot Makassar Kembali Raih Penghargaan

Sekda Makassar M Ansar saat menerima penghargaan.
Sekda Makassar M Ansar saat menerima penghargaan.

Sekda Makassar M Ansar yang menerima langsung penghargaan tersebut di Jakarta mengatakan sangat bersyukur meraih penghargaan tersebut meskipun masih mendapatkan nilai B.

JAKARTA, PEDOMANMEDIA - Pemkot Makassar mendapatkan penghargaan rapor Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (22/4/2021).

Penghargaan ini kembali diraih untuk ketiga kalinya dan menjadi yang tertinggi diantara Kabupaten/Kota di Sulsel

Penyerahan penghargaan tersebut diberikan langsung Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo untuk kategori Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) dan LHE Penilaian Mandiri dan Pelaksanaan Redormasi Birokrasi (PMPRB)tahun 2020.

Baca Juga

Sekda Makassar M Ansar yang menerima langsung penghargaan tersebut di Jakarta mengatakan sangat bersyukur meraih penghargaan tersebut meskipun masih mendapatkan nilai B.

"Walaupun nilainya kali ini B, tapi sejak di Pimpin Bapak Walikota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto kita terus mendapatkan Nilai Tertinggi, 3 Tahun berturut turut di Provinsi Sulawesi Selatan sejak tahun 2018,2019, dan tahun 2020," ujarnya.

Kata dia, paling tidak tahun depan Kota Makassar sudah bisa mendapat nilai B, karena sisa butuh Angka 1,29 dan bisa mendapatkan tambahan dana DID.

"Kita masih ada kekurangan yang harus kita benahi. Kita perlu belajar dari Yogyakarta yang mendapat nilai AA," ucap pria disapa Ansar itu.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Kota Makassar Zainal Ibrahim

mengatakan pada prinsipnya tujuan evaluasi SAKIP ini adalah untuk menilai tingkat akuntabilitas kinerja atau pertangungjawaban atas hasil (Outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang beriorentasi pada hasil (result oriented Goverment).

Hasil Evaluasi SAKIP untuk Kota Makassar Tahun 2020 dengan Nilai 68,82 atau dengan predikat (B) Menunjukkan tingkat efektifitas dan Efisiensi penggunaan anggaran sudah cukup baik jika dibandingkan dengan Capaian kinerja.

Hal ini, kata dia disebabkan kualitas pembangunan budaya kinerja organisasi dan penyelengaraan pemerintahan yang beriorentasi pada hasil di Pemkot Makassar sudah mulai berjalan namun masih memerlukan perbaikan lebih lanjut.

"Inspektorat sebagai tim penilai internal sudah mengawal kegiatan ini dengan maksimal dengan memberikan pemahaman terkait SAKIP dan PMPRB kepada seluruh SKPD, bahkan mendatangkan narasumber Langsung dari Kementrian PANRB di Jakarta. Insya Allah Inspektorat dan Bagian Ortala Setda serta seluruh SKPD dijajaran Pemkot Makassar siap mengawal nilai SAKIP dan RB bisa naik menjadi BB bahkan A tahun 2021 sesuai arahan Bapak Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto," pungkasnya.

Penulis : Muh. Chaidir
Editor : Jusrianto
#Pemkot Makassar #SAKIP #Penghargaan #Dinas PU Makassar
Berikan Komentar Anda