Selasa, 04 Mei 2021 23:01

Uji Peserta Latsar CPNS, Bupati Lutra Harap Hasil Penelitian Diterapkan di Lingkup Kerja

Bupati Lutra Indah Putri Indriani saat menguji peserta Latsar CPNS di PPSDM
Bupati Lutra Indah Putri Indriani saat menguji peserta Latsar CPNS di PPSDM

Dalam kesempatan itu Indah menekankan tentang fungsi fungsi pemerintahan sesuai UU No 30 tahun 2014 Tentang Administrasi Pemerintahan.

MAKKASSAR, PEDOMANMEDIA - Bupati Lutra Indah Putri Indriani kembali menguji peserta Latsar CPNS di PPSDM Kementerian Dalam Negeri Regional Makassar. Kepada peserta Indah berharap hasil penelitian para peserta diterapkan di lingkup kerja masing-masing.

Bertempat di Aula lantai dua PPSDM Kementerian Dalam Negeri Regional Makassar, Indah Putri Indriani menguji satu persatu laporan hasil pelaksanaan aktualisasi peserta diklatsar CPNS Golongan III, Selasa (04/05/2021)

Peserta yang diuji dari berbagai bidang, pendidikan, kesehatan, Infokom, transmigrasi, PMD, dan beberapa bidang lainnya. Pra peserta satu persatu mempersentasekan hasil penelitian mereka, berdasarkan masalah yang ditemukan dilpangan dan menawarkan solusi disetiap masalah yang dihadapi.

Baca Juga

"Tentu saya mengapresiasi apa yang disampaikan para peserta latsar. Memang masalah yang diteliti itu adalah tantangan kita ke depan," ungkapnya.

Kata Indah, kebanyakan para peserta juga telah memanfaatkan teknologi dalam memberi solusi. Misalnya metode pembelajaran ditengah pandemi, ada yang membuat video pembelajaran.

"Selain itu ada juga di bidang kesehatan tadi, membuat peta untuk memetakan daerah manasaja masyarakat yang menggunakan KB," jelas Indah.

Pada intinya setiap kegiatan aktualisasi itu kata Indah, dilaksanakan dengan memperhatikan 4 (empat) tahapan pembelajaran yakni tahap Internalisasi nilai-nilai dasar profesi PNS.

Tahap pembelajaran ini membekali peserta dengan nilai-nilai dasar yang dibutuhkan dalam menjalankan tugas jabatan Profesi PNS secara profesional sebagai pelayan masyarakat.

"Nilai-nilai dasar tersebut meliputi Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika publik, Komitmen mutu, dan Anti korupsi. Tadi saat para peserta mempersentasekan hasil penelitian mereka, juga menyampaikan nilai nilai itu," ungkapnya.

"Saya berharap aktualisasi ini tidak hanya dibuat saat akan ujian latsar saja. Tapi terus dikembangkan dan diterapkan dilingkup kerja masing masing," harap ibu dua anak itu.

Saat pelaksanaan ujian tersebut, sedikitnya ada 10 peserta yang berhadapan langsung dengan Indah Putri Indriani sebagai penguji. Sehari sebelumnya bupati perempuan pertama di Sulsel itu juga memberikan materi tentang birokrasi melayani kepada 40 peserta diklatsar CPNS Golongan III angkatan ke IV.

Kesempatan itu Indah menekankan tentang fungsi fungsi pemerintahan sesuai UU No 30 tahun 2014 Tentang Administrasi Pemerintahan.

Editor : Jusrianto
#Pemkab Lutra #Bupati Lutra Indah Putri Indriani
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer