Minggu, 16 Mei 2021 09:17

Top Sepekan: 4.000 Pemudik Positif Corona, Theo-Zadrak Tunggangi Fortuner Seri Terbaru

Arus mudik jadi klaster baru Corona.  (ilustrasi. Int)
Arus mudik jadi klaster baru Corona. (ilustrasi. Int)

Dari 4.000 lebih yang positif, sebanyak 1.686 di antaranya langsung menjalani isolasi mandiri. 75 orang dirawat di rumah sakit.

MAKASSAR, PEDOMANMEDIA - Isu klaster mudik mendapat respons besar dari pembaca. Berita 4.000 lebih pemudik positif Corona menempati salah satu rating terpopuler pekan ini.

Disusul kabar soal pasangan Bupati dan Wabup Tator Theofilus-Zadrak Tombeg yang kini menunggangi Toyota Fortuner seri terbaru. Theo-Zadrak disorot karena dipandang menyalahi komitmen untuk tampil sederhana.

Kami mengulas kembali dua berita ini.

Baca Juga

Baru masuk bulan kedua menjabat Bupati dan Wabup Tator, Theofilus Allorerung-Zadrak Tombeg sudah jadi sasaran kritik. Ia disorot banyak pihak soal tunggangan mewahnya saat ini.

Saat baru dilantik Maret lalu, Theo-Zadrak sepakat menggunakan Toyota Innova sebagai kendaraan dinas. Mobil itu bahkan sempat dipamer ke publik. Theo-Zadrak ingin membuktikan sebagai figur sederhana.

Tapi belakangan duet ini disorot karena tunggangannya berubah jadi Toyota Fortuner. Fortuner yang dipakai adalah seri terbaru. Kabarnya kedua kendaraan itu sudah dipakai sejak awal menjabat.

Lantas Innova yang dipamer ke publik? Banyak pihak menyebut, Innova itu hanya pajangan. Sekadar membangun pencitraan.

"Buktinya kan pakai Fortuner," kata seorang ASN Tator.

Ia mengatakan, sejak menjabat Theo-Zadrak hampir tidak pernah terlihat menggunakan Innova.

"Itu terusji dia pake Fortuner. Innova itu kan sekadar pamer pamer ji. Biar terlihat sederhana," ucapnya lagi.

Kepala BPKAD Tana Toraja Margaretha Batara membenarkan hal tersebut. Dikonfirmasi Minggu kemarin (9/5/2021) Margaretha menyebut baik Theo maupun Zadrak sama-sama menggunakan Fortuner sebagai kendaraan dinas.

"Fortuner dua dua. Di Sekretariat Daerah itu pengadannya. Tanya Pak Sekda penjelasannya," jelasnya.

Figur sederhana melekat pada pasangan Theofilus Allorerung-Zadrak Tombeg (Theza). Theza membuktikannya saat pasangan ini dijemput KPU untuk mengikuti debat publik sesi terakhir, di Posko Induk, Jalan Nusantara, Makale, Desember 2020 lalu.

Betapa tidak, dalam momen tersebut Theza enggan menggunakan layanan eksklusif yang disediakan pihak KPU Tana Toraja berupa mobil Alphard. Keduanya lebih memilih menaiki mobil Innova menuju lokasi debat yang digelar di Grand Metro Hotel, Jalan Pongtiku, Makale Utara.

Di dalam mobil Innova yang dikemudikan oleh personel KPU, Theo dan Zadrak duduk berdampingan di bagian tengah.

"Tak terbiasa di atas mobil Alphard," ucap Theo sambil tertawa.

Menyaksikan ini puluhan relawan yang berada di posko induk berdecak kagum sembari bertepuk tangan dan meneriakkan nama Theza.

Dalam berbagai kesempatan bersama tim dan relawannya, Theo berulang kali menyampaikan komitmennya tampil sederhana. Ia mengaku menolak mobil mewah sebagai keprihatinan atas kondisi pandemi saat ini.

Klaster Mudik Terbukti

Satgas Penanganan Covid-19 melakukan tes acak terhadap lebih dari 6.000 pemudik di sejumlah jalur. Hasilnya, 4.000 lebih teridentifikasi positif Corona.

"Dari 6.000 orang lebih yang menjalani tes, 4.000 positif Corona. Mereka ini datang dari berbagai jalur mudik," ujar Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Airlangga Hartarto dalam keterangan pers, Senin (10/5/2021)

Airlangga menyebutkan, penyekatan dilakukan pada 381 lokasi. Jumlah pemudik teridentifikasi Covid-19 ini diperkirakan masih bisa bertambah jika masyarakat tidak menghentikan mudik.

"Masih ada tiga hari tersisa dan memungkinkan masih ada yang nekat mudik. Tapi kita imbau pengetatan oleh aparat," jelas Ailangga.

Dari 4.000 lebih yang positif, sebanyak 1.686 di antaranya langsung menjalani isolasi mandiri. Kemudian, kata Airlangga, ada 75 orang yang dirawat di rumah sakit.

Airlangga juga menjelaskan ada sekitar 41.000 kendaraan yang telah ditindak petugas untuk diminta memutar balik ke tempat asal keberangkatan.

"Operasi kendaraan atau Operasi Ketupat jumlah diperiksa kendaraan 113.694, putar balik 41.097, dan pelanggaran travel gelap 306 kendaraan," tutur Airlangga.

Editor : Muh. Syakir
#Klaster Corona #Larangan Mudik #Theo-Zadrak #Toyota Fortuner
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer