Jumat, 16 Oktober 2020 18:52

Pilkada Tator

Mantan Ketua KPU: Saya Nda Temukan Aturan ASN Cuti Bisa Kampanye

Nurmal Idrus
Nurmal Idrus

KPU dan Bawaslu Tator harus menjelaskan ke publik dari mana dasar aturan membolehkan ASN cuti ikut kampanye. Jika tidak ada aturan yang terang tentang itu, bisa sangat berbahaya.

TATOR, PEDOMANMEDIA - Mantan Ketua KPU Makassar Nurmal Idrus mempertanyakan dasar aturan yang membolehkan seorang ASN yang cuti bisa ikut kampanye. Nurmal mengaku tak menemukan aturan itu di peraturan KPU.

"Cuti kampanye hanya dikenal untuk paslon. Saya tak melihat ada aturan yang membolehkan seorang ASN tapi tak berstatus paslon bisa cuti untuk kampanye," ujar Nurmal kepada PEDOMANMEDIA, Jumat (16/10/2020).

Nurmal menyampaikan itu menjawab prokontra soal Kadis Pariwisata Tator Rospita Napa yang cuti untuk menemani suaminya berkampanye. Rospita adalah istri Nicodemus Biringkanae, cabup petahana di Pilkada Tator.

Baca Juga

Nurmal menjelaskan, KPU dan Bawaslu Tator harus menjelaskan ke publik dari mana dasar aturan membolehkan ASN cuti ikut kampanye. Ia menyebut, jika tidak ada aturan yang terang tentang itu, bisa sangat berbahaya.

"Karena bisa jadi akan banyak ASN yang mengajukan cuti untuk kampanye. Selama di KPU saya tidak pernah menemukan aturan itu," ketusnya.

Sebelumnya sebuah foto yang memperlihatkan istri Nicodemus Biringkanae, Rospita Napa mengacungkan dua jadi, viral di sosial media. Belum diketahui di mana dan kapan foto ini diambil.

Tampak dalam gambar Nicodemus Biringkanae ikut mengacungkan dua jari. Sementara Rospita duduk bersebelahan diapit beberapa orang. Rospita yang mengenakan masker dengan setelan warna gelap sangat jelas ikut mengacungkan dua jari.

Sejak September lalu, Rospita mengajukan cuti. Ia cuti untuk mendampingi suaminya berkampanye.

Bawaslu Tator dalam kesempatan pekan lalu mengungkapkan bahwa cuti Rospita dibolehkan untuk mendampingi suaminya berkampanye. Namun ia harus bersikap pasif selama kampanye.

Ketua Bawaslu Tator Serni Pindan merinci, bersikap pasif artinya Rospita hanya boleh duduk. Tidak boleh memberi isyarat seperti mengacungkan jari atau menyampaikan dukungan secara verbal.

Dalam foto yang beredar tampak jelas Rospita mengacungkan jari dan bersikap aktif. Namun sampai saat ini belum ada respona dari Bawaslu.

Editor : Muh. Syakir
#Pilkada Tator #Kadispar Tator Rospita Napa #ASN Kampanye #Bawaslu Tator
Berikan Komentar Anda