Minggu, 13 Juni 2021 09:34

Uji Coba Turbin PLTA Malea Rusak Rumah Warga, DPRD Tator Minta Dihentikan

Lokasi proyek PT Malea Energy yang melakukan uji coba turbin.
Lokasi proyek PT Malea Energy yang melakukan uji coba turbin.

Masyarakat sangat terkejut dan keluar rumah setelah mendengar dentuman keras. Dentuman bersumber dari lokasi proyek PLTA Malea.

TATOR, PEDOMANMEDIA - PLTA Malea melakukan uji coba pengoperasian turbin dalam beberapa hari terakhir. Uji coba ini berdampak pada kerusakan sejumlah rumah warga di sekitar lokasi.

Rumah warga yang rusak dilaporkan terjadi di Lembang Patekke, Kecamatan Makale Selatan. Warga juga merasakan getaran cukup kuat pada radius tertentu.

Anggota DPRD Tana Toraja Kristian HP Lambe mengaku telah menerima laporan warga. Ia pun berharap uji coba itu dikaji ulang untuk menghindari dampak lebih serius.

Baca Juga

"Jadi begini pada Selasa 8 Juni 2021 pukul 19.15 Wita di Lembang Patekke terjadi tiga kali getaran dan satu kali getaran yang paling dasyat dan satu rumah keluarga Frans mengalami kerusakan berupa pecahnya kaca jendela," katanya.

Terpisah pihak PT Malea Energy mengakui bahwa pada pukul 19.10 Wita dilakukan testing uji coba pengoperasian turbin di proyek PLTA Malea. Dan kemudian pukul 23.30 Wita pihak PLTA menghentikan uji coba pada terowongan sepanjang 10 km.

Kata Kristian, masyarakat sangat terkejut dan keluar rumah setelah mendengar dentuman keras yang bersumber dari lokasi proyek PLTA Malea. Ini berdasarkan informasi dari Kepala Lembang Patekke.

"Kami mengimbau agar pihak PT Malea Energy untuk tidak melakukan testing uji coba pengoperasian turbin sebelum dilakukan pertemuan antara warga masyarakat setempat, Pemda Tana Toraja, DPRD Tana Toraja, dan pihak PT Malea Energy. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak dikehendaki dan tetap menjaga kenyamanan dan keamanan bagi warga masyarakat," ungkapnya.

Padahal PT Malea Energy sudah memiliki sertifikat Amdal proyek pembangunan PLTA Malea berkapasitas 180 MW sejak tahun 2009 lalu. Rencananya, PT Malea Energy akan menambah kapasitas PLTA Malea hingga 315 MW sehingga akan dibuat amdal baru.

Lokasi rencana pembangunan PLTA Malea hingga kapasitas 315 MW meliputi Desa Randan Batu, Patekke, Buntu Sisong, Kelurahan Sandabilik, Kecamatan Makale Selatan. Selanjutnya, Desa Batusura, To'pao, Kecamatan Rembon, Desa Rano Utara Kecamatan Rano Tana Toraja.

Penulis : Andarias Padaunan
Editor : Muh. Syakir
#PT Energy Malea #DPRD Tator #Kristian HP Lambe
Berikan Komentar Anda