Jumat, 15 Oktober 2021 16:20

Bentuk Koalisi Poros Ketiga, PAN Sambut Ajakan PPP

Logo PAN dan PPP
Logo PAN dan PPP

pernyataan nonformal yang disampaikan Ketua DPP PPP Achmad Baidowi, perlu disambut dengan membuka komunikasi antar dua belah pihak untuk menyamakan visi dan persepsi Pemilu 2024.

JAKARTA, PEDOMANMEDIA - Partai Amanat Nasional (PAN) merespons positif ajakan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) membangun poros ketiga di Pilpres 2024. PAN dan PPP memiliki kesamaan tidak dapat mengusung pasangan calon presiden sendiri karena ambang batas kepresidenan.

"PAN menyambut baik wacana Ketua DPP PPP, Ahmad Baidowi alias Mas Awiek untuk membuka peluang menghadapi pilpres 2024. Karena antara PAN dan PPP adalah partai politik yang memiliki kesamaan tidak dapat menemukan pasangan calon di pilpres sesuai persyaratan ambang batas presiden 20% kursi DPR dan 25 % suara sah nasional. PAN dan PPP harus berkoalisi dengan parpol lain," ujar Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi seperti dikutip dari Merdeka, Jumat (15/10/2021).

Menurut Viva, pernyataan nonformal yang disampaikan Ketua DPP PPP Achmad Baidowi, perlu disambut dengan membuka komunikasi antar dua pihak untuk menyamakan visi dan persepsi Pemilu 2024.

Baca Juga

"Meski hanya wacana, atau ngomong-ngomong nonformal, perlu juga seluruh pimpinan partai politik mulai membuka komunikasi untuk menyamakan visi dan persepsi untuk disain pilpres 2024," ujarnya.

Menyamakan persepsi antar partai yang diperlukan dalam rangka memilih calon pemimpin nasional. PAN ingin capres atau cawapres yang diusung dipandu landasan moral politik.

"PAN menginginkan bahwa proses kemunculan bakal capres/cawapres dipandu oleh landasan moral politik dan dalam kerangka proses pendidikan politik masyarakat. Karena rakyatlah sebagai pemilik negara," kata Viva.

Sementara itu, PAN telah memberikan kewenangan penuh kepada Ketua Umum Zulkifli Hasan untuk mengambil langkah-langkah proses strategi pencalonan capres dan cawapres pada 2024.

"Sikap PAN, sesuai dengan hasil Rakernas II PAN pada tanggal 31 Agustus 2021: Bahwa Rakernas memberikan kewenangan penuh kepada ketua umum PAN, Zulkifli Hasan, untuk mengambil langkah-langkah strategi dalam proses pencalonan capres/cawapres dalam pemilu 2024," ujar Viva. 

Editor : Amrin
#Koalisi Parpol #Pilpres 2024 #Poros Ketiga
Berikan Komentar Anda