Rabu, 20 Oktober 2021 17:58

Giliran Anies Deklarasi Capres, Puan Maharani Kapan?

Anies Baswedan
Anies Baswedan

Begitu juga Puan Maharani belum memberi sinyal apa-apa. PDIP mengklaim belum akan ada deklarasi bagi kader-kadernya.

JAKARTA, PEDOMANMEDIA - Setelah relawan Ganjar Pranowo, kini giliran Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) yang mendeklarasikan dukungan untuk Anies Baswedan. Nah, relawan Puan Maharani kapan?

Deklarasi Anies maju di Pilpres 2024 digelar di Gedung Joang, Jakarta Pusat, Rabu (20/10/2021). Koordinator Deklarator ANIES, Laode Basir.

Sebelum Anies, beberapa figur telah lebih dulu deklarasi. Diawali relawan Ganjar Pranowo pada Maret lalu. Lalu disusul mantan Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Agustus lalu.

Baca Juga

Kabarnya Ridwan Kamil juga tengah mempersiapkan diri dalam waktu dekat. Satu figur yang mendominasi survei capres belum tampak akan deklarasi. Yakni Prabowo Subianto.

Begitu juga Puan Maharani belum memberi sinyal apa-apa. PDIP mengklaim belum akan ada deklarasi bagi kader-kadernya dalam waktu dekat.

"Bukan sekarang. Sekarang seluruh kader fokus pada perjuangan melawan pandemi dan membangkitkan ekonomi rakyat," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Sementara itu relawan Anies yang deklarasi siang tadi mengaku kegiatan ini bermula dari diskusi 4 tahun kepemimpinan Anies Baswedan di Jakarta. Dari sana lahirlah gagasan pembentukan ANIES sebagai wujud dukungan kepada Anies maju di pilpres.

"Kegiatan ini bermula dari diskusi kami dalam rangka merefleksi 4 tahun kepemimpinan Bapak Anies Rasyid Baswedan di Jakarta," kata Laode dikutip detikcom.

Dia mengatakan pihaknya banyak melakukan diskusi untuk mengkaji perkembangan yang ada di Jakarta. Menurutnya, ada banyak komunitas yang terlibat berdiskusi soal perkembangan Jakarta selama dipimpin Anies.

"Di masing-masing kami ada kelompok kelompok diskusi mengkaji perkembangan yang ada di Jakarta yang kemudian kami berkumpul dengan tema diskusi pada sekitar seminggu yang lalu refleksi kepemimpinan Anies Rasyid Baswedan di Jakarta," ucapnya.

Basir menyebut Anies Baswedan berhasil memimpin Jakarta. Dia menyebut Anies mendapat penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri terkait pengelolaan pemerintah yang akuntabel dan transparan.

"Ada satu kata kunci yang menjadi kesepakatan kami bahwa Bapak Anies Rasyid Baswedan berhasil memimpin Jakarta. Apa instrumen keberhasilan ini? Sangat banyak yang bisa kita sebut," jelas Laode.

"Kita bisa ungkap di Agustus kemarin Jakarta kembali mendapatkan penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri tentang pengelolaan pemerintah yang akuntabel, yang transparan, dan banyak penghargaan-penghargaan lain," tambahnya.

Dia juga mengomentari rapor merah 4 tahun kepemimpinan Anies sebagai Gubernur DKI yang diberikan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta. Menurutnya, itu merupakan hal biasa dalam demokrasi.

"Apa yang disampaikan oleh LBH Jakarta kepada Bapak Anies suatu hal yang patut kita hargai, itu biasa, lumrah dalam dunia demokrasi," ujar Laode.

Deklarator ANIES lainnya, Dani Kusuma, mengatakan pihaknya tidak berkomunikasi dengan Anies Baswedan secara langsung. Menurutnya, ANIES tak mau mengganggu kerja Anies Baswedan.

"Kami nggak ada urusannya dengan Pak Anies, Pak Anies kerja saja jadi gubernur. Kami relawan menyiapkan landasan," kata Dani.

"Ketika Pak Anies sudah selesai dari jabatannya sebagai gubernur, pesannya beliau hanya ingin berkeliling Indonesia. Nah, landasannya kami siapin dari sekarang, jadi kami tidak ada komunikasi dengan beliau, kita kerja untuk Indonesia," tambahnya.

Dani mengatakan deklarasi ini dilakukan tanpa sepengetahuan Anies Baswedan.

"Tanpa sepengetahuan Anies (deklarasi hari ini), kalaupun tahu dari media," ucap Dani.

Editor : Muh. Syakir
#Pilpres 2024 #Anies Baswedan #Puan Maharani
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer