Minggu, 07 November 2021 19:09

Ada 'Kaisar Mandala', Urus Paspor di Makassar Kini Bisa di Hari Libur

Pelayanan di Kantor Imigrasi Makassar di hari libur.
Pelayanan di Kantor Imigrasi Makassar di hari libur.

Kaisar Mandala adalah Inovasi Layanan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Kanim Makassar. Pelaksanaannya sudah dilakukan sebanyak 11 kali

MAKASSAR, PEDOMANMEDIA - Urus paspor di Kantor Imigrasi Makassar kini bisa dilakukan di hari libur. Imigrasi sudah meluncurkan inovasi 'Kaisar Mandala'.

Kaisar Mandala (Kantor Imigrasi Makassar Melayani di Hari Libur Anda). Program ini diapresiasi Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto. Ia memuji terobosan tersebut sebagai pelayanan jitu.

"Ini akan meningkatkan layanan paspor Kanim Makassar karena dibuka pada saat hari libur sehingga yang sibuk pada hari kerja dapat melakukan perekaman paspor di hari libur," ujar Harun, Ahad (7/11/2021).

Baca Juga

Kepala Kantor Imigrasi Makassar Agus Winarto menyebut, Kaisar Mandala ini adalah Inovasi Layanan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Kanim Makassar. Pelaksanaannya sudah dilakukan sebanyak 11 kali atau silaksanakan sekali dalam sebulan. Melalui program ini, Kanim Makassar juga sudah terbitkan sebanyak 116 paspor.

"Pasca dibukanya umrah dan rencana akan dibuka juga pelaksanaan Haji bagi Indonesia, pemohon paspor di Kanim Makassar meningkat sigifikan. Pada hari libur Sabtu Kemarin, Sebanyak 22 Pemohon Paspor dilayani yang terdiri dari 18 Paspor Biasa dan 4 Paspor Elektronik," kata Agus.

Selain Kaisar Mandala, Agus mengatakan bahwa pihaknya juga telah melaksanakan Eazy Paspor atau Layanan Paspor secara jemput bola. Selama 2021, telah dilaksanakan sebanyak 11 kali Eazy Paspor dan diterbitkan sebanyak 670 Paspor. 

"Pelaksanaan Eazy Paspor ini telah dilakukan di PT Garuda Indonesia, Kemenag Jeneponto, BPK Sulsel, Kemenag Bone, Kantor OJK, PT Passokorang, PIP Salodong, Fakultas Hukum Unhas, Kampus AMI AIPI Makassar, Kampus Duta Samudera Indonesia, dan Klinik Lacasino Makassar. Rencananya, di Bulan November ini juga akan dilaksanakan di Kampus UNM Makassar," jelasnya.

Menurut Agus, Kanim Makassar selama tahun 2021 periode Januari hingga Oktober telah diterbitkan sebanyak 5.687 paspor. Selain Kaisar Mandala dan Eazy Paspor, di Kanim Makassar ada juga layananan pengambilan paspor secara drive thru dan pengambilan paspor online yaitu Lagosi (Layanan Gojek Imigrasi).

Bakhtiar beserta keluarga yang merupakan salah satu pemohon paspor di hari libur mengaku bahwa program ini sangat membantu mereka. Karena dapat melakukan permohonan paspor dihari libur.

"Saya senang sekali karna dilayani walaupun di hari libur. Ketika di hari kerja, saya tidak berkesempatan ke Makassar untuk buat paspor karena butuh waktu 3 sampai 4 jam,” Tuturnya.

Penulis : Hasan
Editor : Muh. Syakir
#Kemenkumham Sulsel #Kantor Imigrasi Makassar
Berikan Komentar Anda