Jumat, 26 November 2021 10:09

AIA Soal Bandara Wisata Bulukumba: 2022 Master Plan, 2023 Masuk Fisik

Iwan Darmawan Aras
Iwan Darmawan Aras

Komisi V bermitra dengan Kemenhub. Kebetulan membidangi perhubungan udara. Sehingga memungkinkan untuk menyupor proyek ini.

BULUKUMBA, PEDOMANMEDIA - Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) siap mengawal usulan pembangunan Bandara Wisata di Bulukumba. AIA memproyeksikan, pengerjaan fisik memungkinkan dimulai 2023.

"Usulan bandara wisata itu tadi kan disampaikan oleh Pak Bupati dan diaminkan Pak Menteri," katanya kepada wartawan di lokasi wisata Apparalang Desa Ara, Kabupaten Bulukumba saat kunjungan bersama Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno, Kamis (25/11/2021).

AIA mengungkap, Komisi V bermitra dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Kebetulan ia membidangi perhubungan udara. Sehingga memungkinkan untuk menyupport proyek ini.

Baca Juga

"Usulan itu juga semacam aspirasi dari daerah. Saya punya tanggung jawab moral selaku anggota DPR dari dapil Sulsel 2 untuk memperjuangkan aspirasi dengan mitra kerja," papar AIA.

AIA menjelaskan, proyek bandara wisata berpeluang dibahas saat raker pertama pada masa sidang berikutnya. Kata dia, program ini terlebih dahulu dibahas desainnya, master plannya untuk 2022.

"Kemudian kita mencoba masuk di 2023 untuk pengerjaan fisiknya, apabila kondisi APBN-nya memadai," terang AIA, yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Sulsel.

Yang terpenting kata dia, adalah kesiapan lahan. Ia berharap pemerintah kabupaten bisa bmelakukan pembebasan lahan untuk bandara wisata ini.

Sebelumnya, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyerahkan penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) kepada Pemkab Bulukumba dan pengelola Desa Wisata Ara di Apparalang salah satu destinasi dengan panorama pantai dengan tebing batu karts, Kamis (25/11/2021).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Muchtar Ali Yusuf mengusulkan pembangunan Bandara Wisata di Bulukumba.

Menteri Sandi pun, menyampaikan bahwa permintaan tersebut akan segera diajukan dalam rapat lintas Kementerian, khususnya Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Penulis : Saiful
Editor : Muh. Syakir
#Bandara Wisata Bulukumba #Andi Iwan Darmawan Aras
Berikan Komentar Anda