Minggu, 17 September 2023 07:30

LIGA SPANYOL: Barcelona Bantai Real Betis 5-0

Pemain Barcelona merayakan  gol ke gawang Real Betis. (int)
Pemain Barcelona merayakan gol ke gawang Real Betis. (int)

Kemenangan atas Real Betis melambungkan Barcelona ke peringkat pertama klasemen.

BARCELONA, PEDOMANMEDIA - Barcelona tampil perkasa saat menjamu Real Betis dalam lanjutan Liga Spanyol, dini hari tadi. Armada Xavi Hernandez ini membantai Betis 5 gol tanpa balas.

Barca menjamu Real Betis di Stadion Olimpic Lluis Companys. Gol-gol kemenangan Barca diciptakan oleh lima pemain yang berbeda; Joao Felix, Robert Lewandowski, Ferran Torres, Raphinha, dan Joao Cancelo.

Betis bukannya tanpa peluang. Namun, peluang terbaik tim tamu terjadi di akhir babak pertama saat tembakan Willian Jose di menit-menit akhir sebelum jeda.

Baca Juga

Kemenangan atas Real Betis melambungkan Barcelona ke peringkat pertama klasemen. Barca memperoleh 13 poin dari lima kali bertanding, unggul tiga poin dari Real Madrid. Di sisi lain, Real Betis menempati peringkat kesembilan dengan raihan tujuh poin.

Jalannya Pertandingan

Real Betis nyaris menciptakan gol pembuka di menit ke-15. Sebuah crossing dari sayap kiri diteruskan Luiz Henrique dengan sepakan kaki kiri. Bola bergulir ke arah tiang jauh sebelum melebar tipis.

Betis mengancam lagi. Ayoze Perez menyambut bola hasil tendangan bebas dari sisi kiri lapangan dengan sepakan kaki kanan meski hanya bersarang di sisi luar gawang Barca.

Kebuntuan Barcelona akhirnya terpecah di menit ke-25. Joao Felix membuka skor lewat sebuah aksi menawan. Sebuah umpan lambung diterima Felix. Dia melakukan kontrol bola, mengecoh kiper Rui Silva, lalu menyelesaikan dengan tendangan dari sudut sempit untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Barca hanya butuh tujuh menit untuk memperbesar skor. Lewandowski membobol gawang Betis guna menjadikan skor kini 2-0.

Umpan terobosan Andreas Christensen gagal disapu Hector Bellerin sehingga Lewandowski lolos dari jebakan offside. Dalam situasi one on one, Lewandowski dengan mudah menaklukkan Rui Silva dengan tendangan mendatar kaki kanan.

Marc-Andre ter Stegen menciptakan penyelamatan gemilang. Umpan silang Isco kepada Willian Jose diteruskan dengan tembakan voli dari depan gawang. Ter Stegen dengan sigap menghalau bola.

Jelang half-time, kerja sama satu-dua Joao Felix dengan Ferran Torres nyaris membuahkan gol ketiga Barcelona. Namun, sepakan Joao Felix dari dalam kotak penalti mampu digagalkan Rui Silva.

Barcelona langsung menyerang di babak kedua. Sepakan Ferran Torres dari luar kotak penalti melambung, kemudian gol kedua Joao Felix dianulir karena offside.

Pelanggaran terhadap Lewandowski memberikan tendangan bebas kepada Barca. Ferran Torres menjadi eksekutor lalu melepaskan tembakan melengkung indah yang sukses mengalahkan penjagaan Fran Vieites. Barca memimpin 3-0 atas Betis di menit ke-62.

Cuma dua menit bagi Raphinha untuk memberikan pengaruhnya. Raphinha menyumbang gol kempat Barcelona hanya dua menit setelah masuk ke lapangan.

Serangan dari sayap kiri Barcelona menemui Lewandowski. Striker Polandia itu mengirim umpan tarik kepada Raphinha di luar kotak penalti. Raphinha melepaskan tendangan kaki kiri dari area D yang sukses menembus gawang Real Betis. Barca unggul 4-0.

Pada 10 menit terakhir, Barca membobol gawang Real Betis untuk kelima kalinya. Giliran Joao Cancelo mengukir namanya di papan skor.

Setelah menerima operan dari sisi kiri, Lewandowski menyodorkan bola kepada Cancelo di sisi kanan lapangan. Cancelo menggocek Joao Miranda, lalu menyelesaikan dengan tembakan kaki kanan yang tidak mampu dijangkau Vieites. Barca 5, Real Betis 0.

Susunan Pemain

BARCELONA: Ter Stegen, Joao Cancelo, Christensen (Inigo Martinez 76'), Kounde, Balde (Marcos Alonso 76'), Romeu (Guendogan 64'), De Jong, Gavi, Ferran Torres (Raphinha 64'), Joao Felix (Yamal 64'), Lewandowski

REAL BETIS: Rui Silva (Fran Vieites 46'), Marc Bartra, Bellerin, Riad, Iso, Marc Roca, Sergi Altimira, Willian Jose, Ayoze Perez, Luiz Henrique (Ezzalzouli 46')

 

Editor : Muh. Syakir
#Liga Spanyol #Barcelona
Berikan Komentar Anda