Kamis, 14 Januari 2021 09:43

Melihat Epanai, Kampung Percontohan "Dana Desa" di Deiyai Papua

Kampung Epanai melakukan rapat anggaran desa.
Kampung Epanai melakukan rapat anggaran desa.

Setiap kali dana desa cair Desa Epanai selalu mengalokasikannya secara transparan. Pembangunan melalui dana desa disalurkan berdasarkan skala prioritas dan dibuka ke publik.

DEIYAI, PEDOMANMEDIA - Kampung Epanai, Distrik Tigi Barat, Kabupaten Deiyai didapuk sebagai kampung percontohan. Indikator kampung percontohan diraih atas keberhasilan daerah ini dalam transparansi anggaran desa.

"Saya pernah diberikan penghargaan oleh Pemda Deiyai melalui Distrik Tigi Barat pada 17 Agustus 2017 lalu. Kampung kami disebut kampung percontohan," kata Kepala Kampung Epanai, Yulius Pigome, ketika diwawancai PEDOMANMEDIA, Kamis (14/1/2021).

Menurut Yulius, setiap kali dana desa cair ia selalu mengalokasikannya secara transparan. Pembangunan melalui dana desa ia salurkan berdasarkan skala prioritas dan dibuka ke publik.

Baca Juga

"Saya selalu taruh di meja dan bagi secara terasparan. Hal ini kami lakukan sesuai Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2020," ujarnya.

Kemudian, Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2020 tentang Perubahan Postur dan

Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Juga, Perpres Nomor 12 Tahun 2015 tentang Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

"Dana desa kalau ada saya selalu melihat sesuai Rencana Kerja (RK) dan sesuai RK saya langsung bagi rata. Jadi bagi saya dana desa bukan rahasia bagi kepala desa," tuturnya.

Kepala Kampung Epanai Yulius Pigome mengajak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung untuk memantau dan memastikan langsung di masing-masing kampung.

"Saya pikir selain pendamping, dinas terkait juga ikut kawal pembangunan kampung. Divsisi lain memberikan semangat kepada aparatur desa dan masyarakat setempat untuk lakukan pembangunan desa berjalan dalam koridor undang-undang Desa," harapnya.

Penulis : Jackson Ikomou
Editor : Muh. Syakir
#Kampung Epanai #Papua #Dana Desa
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer