Rabu, 03 Juli 2024 08:07

Besok, Presiden Jokowi Tinjau Lahan Sawah Tadah Hujan di Awangpone Bone

Presiden Jokowi saat meninjau salah satu lahan persawahan.
Presiden Jokowi saat meninjau salah satu lahan persawahan.

Asman menjelaskan, program pompanisasi merupakan langkah konkret pemerintah dalam mendukung petani

BONE, PEDOMANMEDIA - Presiden Joko Widodo akan meninjau lahan sawah tadah hujan di Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone, Kamis (4/7/2024). Kepala negara sekaligus dijadwalkan menyerahkan bantuan pompanisasi bagi 38.000 hektar sawah.

Kepastian kedatangan Jokowi disampaikan Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone Andi Asman Sulaiman. Asman mengatakan, Presiden Jokowi akan didampingi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

"Kunjungan ini dalam rangka akselerasi produksi pangan nasional dan penanganan dampak El Nino, khususnya pada komoditas padi melalui program pompanisasi," terang Asman, Selasa (2/7/2024).

Baca Juga

Asman mengatakan, ia telah meninjau lokasi lahan sawah di Awangpone yang akan dikunjungi Jokowi. Di sana akan dilakukan penyaluran bantuan pompanisasi untuk 38 ribu hektar sawah tadah hujan.

"Lokasi tersebut merupakan hamparan sawah tadah hujan seluas 205 hektar yang dikelola oleh tujuh kelompok tani. Maka dari itu, untuk menyambut kedatangannya, kami mulai melakukan pembenahan dan sterilisasi lokasi kunjungan," ungkapnya.

Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan dorongan signifikan dalam meningkatkan produksi pangan nasional, khususnya padi, serta mengatasi dampak negatif dari fenomena El Niño yang sering kali mengganggu sektor pertanian.

Asman menjelaskan, program pompanisasi merupakan langkah konkret pemerintah dalam mendukung petani, khususnya di daerah-daerah yang rawan kekeringan, dengan menyediakan bantuan pompa air untuk mengairi sawah tadah hujan.

"Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah semakin erat, serta petani di Kabupaten Bone dapat merasakan manfaat langsung dari program-program yang digulirkan," katanya.

 

Penulis : Abustan Abiy
Editor : Muh. Syakir
#Presiden Joko Widodo #Mentan Amran Sulaiman
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer