Minggu, 25 April 2021 08:14

Jalan Panjang Sabri, dari Camat, Lalu Lolos di Skandal Buloa, Kini Terjerat Narkoba

Muh Sabri
Muh Sabri

Beberapa tahun menjadi camat, ia ditarik menjadi Kepala Bagian Pemerintahan. Ia sempat terjerat skandal Buloa, namun divonis bebas.

MAKASSAR, PEDOMANMEDIA - Pernah menjadi kepala Satpol PP Makassar, lalu menapak karier emasnya sebagai camat. 2017, Muhammad Sabri lolos dari skandal Buloa. Nah akankah kali ini ia terjerat dalam kasus narkoba?

Berikut perjalanan Sabri di birokrasi. Tahun 2003 ia menjadi Kepala Satpol PP Makassar. Lalu di awal pemerintahan Wali Kota Ilham Arief Sirajuddin ia diangkat menjadi camat di Tamalanrea.

Sabri termasuk salah satu birokrat muda dengan karier cemerlang kala itu. Beberapa tahun menjadi camat, di periode kedua usai Ilham memenangi Pilwalkot, ia ditarik menjadi Kepala Bagian Pemerintahan Pemkot Makassar.

Baca Juga

Sabri menjadi salah satu orang kepercayaan Ilham. Ia bertahan cukup lama di posisi itu.

Setelah Ilham lengser, Danny Pomanto menjadi Wali Kota Makassar pada 2014. Sabri diangkat menjadi asisten.

Tahun 2017 Sabri terjerat skandal sewa menyewa lahan negara di Kelurahan Buloa. Atas kasus ini, ia dinonaktifkan sementara dari jabatan asisten.

Dalam perjalanannya, Sabri divonis tidak bersalah oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Makassar. Sebelumnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut alumni STPDN ini dengan pidana penjara selama tiga tahun.

Vonis bebas ini sempat menuai kontroversi. JPU menilai Sabri telah memfasilitasi Soedirjo Aliman alias Jen Tang, Ulil Amri, Rusdin sekaligus mewakili Andi Jayanti Ramli untuk menyewakan lahan garapannya kepada PT Pembangunan Perumahan.

Namun majelis hakim menilai perbuatan Sabri tidak menyebabkan kerugian negara.

Adapun dalam proses sewa menyewa lahan Buloa, Sabri hanya selaku mediator yang tidak mengambil keuntungan.

Setelah divonis bebas, Sabri dikembalikan ke posisinya sebagai asisten 1. Saat itu juga terjadi kisruh mutasi di balaikota yang menyebabkan 1.000 SK dibatalkan KASN.

Minggu kemarin kabar mengejutkan datang dari Sabri. Ia ditangkap Polrestabes Makassar dalam kasus dugaan penyalahgunaan narkoba. Sabri dilaporkan ditangkap di rumahnya saat mengonsumsi sabu.

"Asisten 1 Muh Sabri, sama tiga orang Kabag kita amankan. Yang asisten ini diamankan di rumahnya, sementara yang lain itu kita amankan di luar," ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol E Zulpan, Sabtu (24/4/2020).

Zulpan mengatakan, keempat orang tersebut saat ini menjalani pemeriksaan intens di Polrestabes Makassar. Sehingga untuk perkembangan selanjutnya, pihaknya akan memberikan informasi lebih lanjut nantinya.

Nah inikah akhir dari perjalanan karier birokrasi Sabri? Kita tunggu.

Penulis : Muh. Chaidir
Editor : Muh. Syakir
#Asisten I Ditangkap #Sabri Ditangkap Narkoba #Pemkot Makassar
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer