Kamis, 03 Juni 2021 13:03

Menuju Pilpres: Prabowo, Anies, Ganjar Dominan, Jagoan KTI Ada SYL-Amran

Syahrul Yasin Limpo dan Amran Sulaiman. (int)
Syahrul Yasin Limpo dan Amran Sulaiman. (int)

Hasil survei Februari lalu hanya tiga tokoh yang diprediksi menjadi figur utama di pilpres. Mereka adalah Prabowo, Anies dan Ganjar.

JAKARTA, PEDOMANMEDIA - Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo masih mendominasi survei Pilpres 2024. Tapi Indonesia timur juga punya dua figur yang berpotensi masuk bursa. Siapa?

Keduanya adalah Syahrul Yasin Limpo dan Amran Sulaiman. SYL dan Amran diprediksi menjadi figur alternatif dari luar Jawa yang memiliki representasi kuat.

"Sampai saat ini SYL dan Amran adalah representasi dari KTI. Belum ada figur lain. Ada juga seperti Abraham Samad. Begitu juga JK masih mungkin," jelas analis politik Juanda H Alim, Kamis (3/6/2021).

Baca Juga

SYL kini menjabat Mentari Pertanian. Sedang Amran adalah Mentan di periode pertama Jokowi. Menurut Juanda, setelah JK, hanya SYL dan Amran yang bisa membayangi dominasi figur figur Jawa.

Hanya saja, karena faktor geopolitik SYL dan Amran akan sulit digadang sebagai capres. Keduanya memungkinkan masuk dalam slot cawapres alternatif.

Juanda melihat, figur lain seperti Abraham Samad, relatif sulit. Saat ini bukan timing yang tepat bagi Abraham.

"Survei Abraham sebenarnya cukup baik pada 5 atau 7 tahun lalu. Tapi tidak ada momentum yang bisa mendongkrak elektabilitas Abraham sekarang. Agak berat," katanya.

Sementara soal JK, lebih karena faktor usia. JK masih memiliki tingkat elektoral baik. Tapi keterpilihannya akan sedikit jeblok karena dianggap sudah terlalu berumur untuk maju di 2024.

"Dan JK tak punya pilihan lain. Dia harus maju untuk kursi capres. Sekali lagi secara geopolitik ini berat," paparnya.

Harus diakui kata Juanda, figur dari Indonesia timur tak memiliki kans cukup untuk bertarung sebagai capres.

Hasil survei Februari lalu hanya tiga tokoh ini yang diprediksi menjadi figur utama di pilpres. Mereka adalah Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Sementara beberapa tokoh alternatif masih berada jauh di bawah ketiganya. Mereka adalah mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Puan Maharani.

Ada juga Muhaimin Iskandar, Ketum Golkar Airlangga Hartarto. Belum ada figur mencolok dari yang muncul dari Indonesia timur. Para petarung masih didominasi oleh tokoh tokoh dari Pulau Jawa.

Hasil survei PPI Februari 2021 dengan pertanyaan terbuka (bebas sebut nama capres) menempatkan Prabowo Subianto di urutan pertama. Anies Baswedan dan Ganjar Prabowo secara berurutan jadi yang kedua dan ketiga. Mereka bersaing ketat.

Editor : Muh. Syakir
#Mentan Syahrul Yasin Limpo #Amran Sulaiman #Pilpres 2024 #Prabowo Subianto #Ganjar Pranowo #Anies Baswedan
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer