Senin, 25 Oktober 2021 21:15

Survei Poltracking Sebut Elektabilitas Ganjar Teratas Kalahkan Prabowo

Ilustrasi. (Foto: Int)
Ilustrasi. (Foto: Int)

Survei Poltracking digelar secara tatap muka pada 3-10 Oktober 2021.

JAKARTA, PEDOMANMEDIA - Hasil survei Poltracking Indonesia menempatkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo calon presiden dengan elektabilitas tertinggi.

Ganjar unggul dari Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dengan angka 18,2 persen dalam simulasi terbuka.

Sementara Prabowo Subianto memiliki elektabilitas sebesar 17,1 persen. Berada di posisi ketiga ada nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan angka 10,2 persen.

Baca Juga

"Tertinggi Ganjar Pranowo di rentang margin of error dengan prabowo, 18,2 persen. Prabowo mepet dalam margin of error, 17,1 persen," ujar Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda dalam pemaparan survei, sebagaimana dilansir dari Merdeka, Senin (25/5) 5) 5) 10/2021).

Hanta mengatakan, peta calon presiden hari ini sudah terlihat dalam tiga nama yaitu Ganjar, Prabowo, dan Anies. Nama-nama memiliki elektabilitas yang cukup jauh dari tokoh lainnya.

"Petanya sudah mulai mengerucut tiga nama sudah menguat yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan," kata dia.

Terpaut cukup jauh, berada di urutan keempat muncul nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan elektabilitas 2,4 persen. Selanjutnya muncul nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan angka 2,1 persen.

Diurutan keenam ada nama Menparekraf dan politikus Gerindra Sandiaga Uno dengan elektabilitas 1,7 persen. Diikuti oleh Ketua DPR dan politikus PDIP Puan Maharani 1,5 persen.

Pada posisi berikutnya ditempati Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan elektabilitas 1,3 persen. Kemudian ada Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dengan elektabilitas 0,5 persen.

Di posisi bawah ada nomor nama yaitu mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo (0,4 persen), Kasad Andika Perkasa (0,3 persen), Menkopolhukam Mahfud MD (0,3 persen), Menteri BUMN Erick Thohir (0,2 persen), serta Ketum PKB Muhaimin Iskandar 0,2 persen. Responden yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 37,9 persen.

Survei Poltracking digelar secara tatap muka pada 3-10 Oktober 2021. Survei ini memiliki sampel sebanyak 1220 responden yang dipilih secara acak dan memiliki margin of error kurang lebih 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 

Editor : Amrin
#Menuju Pilpres 2024 #Survei Poltracking #Pemilu 2024
Berikan Komentar Anda