Jumat, 14 Januari 2022 19:15

8 Desa di Wajo Kunjungi KPPN, Ikut Bimtek Keuangan Desa

KPPN Watampone menggelar kegiatan pendampingan kepada desa “Role Model” Desa Waetuwo di Aula KPPN, Jumat (14/1/2022).
KPPN Watampone menggelar kegiatan pendampingan kepada desa “Role Model” Desa Waetuwo di Aula KPPN, Jumat (14/1/2022).

Melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan kompetensi bagi pengelola dana desa guna menunjang tata kelola pemerintahan yang baik.

BONE, PEDOMANMEDIA - KPPN Watampone menggelar kegiatan pendampingan kepada desa “Role Model” Desa Waetuwo di Aula KPPN, Jumat (14/1/2022). Bimtek ikut menghadirkan perwakilan desa-desa dari Kecamatan Tanasito, Kabupaten Wajo.

Desa desa dari Wajo yang hadir yaitu Waetuwo, Wewangrewu, Pajalele, Assorajang, Inalipue, Mario, Tonralipue, dan Nepo. Selain itu, pada kesempatan tersebut Desa Mallari Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone juga ikut hadir.

Kepala KPPN Watampone, Rintok Juhirman menyampaikan terima kasih atas antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan bimbingan teknis keuangan desa menuju basis akrual ini. Menurutnya, bimtek ini memang penting bagi desa.

Baca Juga

"Selain itu, juga berharap melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan kompetensi bagi pengelola dana desa guna menunjang tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance)," ungkapnya

Fungsional PTPN KPPN Watampone, Fahrul Aprianto, pada kesempatan tersebut menyampaikan materi pengantar standar akuntansi pemerintah berbasis akrual secara runtut dan menerapkan pembelajaran orang dewasa secara interaktif. Sesi ini juga diselingi dengan tanya jawab untuk memudahkan pemahaman pokok bahasan.

Desa Mallari Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone pada kesempatan tersebut telah membawa laporan keuangan dan aset tahun 2021 dan siap untuk dilakukan mapping ke laporan keuangan desa berbasis akrual.

Diharapkan dengan terselenggaranya bimtek laporan keuangan desa bagi desa “role model” maupun desa lainnya yang ikut hadir tersebut semakin menambah semangat untuk berkinerja terbaik.

Selain itu, juga dapat menyusun Laporan keuangan desa yang cepat, akurat, dan akuntabel. Serta dapat dihindari adanya fraud yang bisa mengakibatkan kerugian negara dan berimplikasi pada hukum.

Penulis : Abustan Abiy
Editor : Muh. Syakir
#KPPN Watampone #Dana Desa #Desa Role Model
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer