Kamis, 19 November 2020 20:44

Ada 50 Inspirator Muda di Buku Banne Toraya Karya KNPI Torut

Peluncuran buku Banne Toraya
Peluncuran buku Banne Toraya

Latar belakang penerbitan buku ini, pasca reformasi generasi muda Toraja sudah kehilangan tokoh-tokoh yang dibanggakan.

TORUT, PEDOMANMEDIA - Pengurus KNPI Toraja Utara (Torut) meluncurkan buku 'Banne Toraya'. Di dalamnya berisi 50 inspirator generasi muda Toraja.

Peluncuran buku karya KNPI Torut dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Gabungan Dinas dan Badan Marante yang diserahkan secara simbolis oleh Pjs Torut Amson Padolo, Kamis (19/11/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Ketua DPD KNPI Sulsel, Kadis kominfo SP, perwakilan dari Dinas Pendidikan, Dinas Perpustakaan dan kearsipan, Kepala sekolah serta DPK KNPI Torut.

Baca Juga

Pjs Torut Amson Padolo mengatakan, buku Banne Toraya ditulis oleh Belo Tarran dan Risnawati, editor oleh Piter Randan Bua yang memuat 50 Inspirator Generasi Muda Toraja diserahkan secara simbolis kepada kepala sekolah SMA I Rantepao dan SMA Barana.

"Atas nama Pemprov Sulsel mewakili Gubernur (Nurdin Abdullah) dan Pemkab Torut mengucapkan selamat atas hadirnya buku yang menurut saya ini buku yang luar biasa, buku karya fenomenal yang disusun oleh adik- adik KNPI," katanya.

"Luar biasa karena saat dibaca kita merasa ada nilai ketulusan, kesetiaan, pengorbanan dan nilai positif yang dilakukan oleh tokoh-tokoh Toraja. kita sering membaca literasi tokoh lain padahal ada tokoh di kalangan kita, sehingga kita kehilangan jati diri," tambahnya.

Penulis Buku Belo Tarran mengatakan bahwa buku tersebut semoga bisa menginspirasi generasi muda bagaimana mengetahui tokoh-tokoh Toraja.

"Kita akan mengabadikan nama mereka seperti pada nama jalan dan ruangan atau bangunan," ungkapnya.

Latar belakang penerbitan buku ini, pasca reformasi generasi muda Toraja sudah kehilangan tokoh-tokoh yang dibanggakan.

"Lalu menerbitkan buku ini dengan melihat dan menonjolkan nilai inspirasinya pada generasi muda. Penyusunan buku ini sejak 5 tahun lalu dan penerbitan awal sudah tercetak 500 exemplar, terdiri dari 488 halaman atas kerjasama KNPI, Dinas Pendidikan, Dispora dan donatur lainnya. Buku tersebut akan di drop ke sekolah -sekolah mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA di Toraja dan Mamasa agar dapat di baca oleh generasi muda di perpustakaan sekolah," kata Ketua KNPI Torut itu.

Belo juga membeberkan bahwa Penerbitan buku ini mendapat apresiasi yang baik dari segenap yang hadir, termasuk Kepala Dinas kominfo-SP Yakub Pongsendana yang akan mendukung dalam penambahan jumlah buku tersebut, juga dari Dinas Pendidikan dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

"Peluncuran perdana ini hanya memuat 50 inspirator dari 100 inspirator yang direncanakan dan juga akan menerbitkan buku yang memuat makna Singgi Toraja dan makna 126 macam ukiran Toraja," tutupnya.

Penulis : Denis
Editor : Jusrianto
#Pemkab Torut #Banne Toraya #KNPI Torut
Berikan Komentar Anda