Minggu, 12 November 2023 10:46

Jokowi Kecam Israel: Tindakan Keji Harus Segera Dihentikan

Joko Widodo
Joko Widodo

Jokowi menegaskan posisi Indonesia dan Yordania yang sama soal masalah Palestina.

JAKARTA, PEDOMANMEDIA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecam agresi militer Israel ke Gaza. Bertemu Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Jokowi menyampaikan bahwa tindakan keji tentara zionis harus segera diakhiri.

Pertemuan Jokowi dan Abbas terjadi di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang digelar di King Abdulaziz International Convention Center (KAICC), Riyadh, Arab Saudi, pada Sabtu (11/11). Jokowi menyatakan tindakan Israel di Gaza melanggar hukum internasional.

"Tindakan keji ini adalah pelanggaran serius terhadap hukum internasional dan nilai-nilai kemanusiaan," kata Jokowi dalam keterangan yang dibagikan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Minggu (12/11/2023).

Baca Juga

Jokowi juga menyatakan dukungan penuh pemerintah dan rakyat Indonesia kepada Palestina. Kepada Mahmoud Abbas, Jokowi mengatakan pemindahan secara paksa warga Palestina di Gaza harus segera diakhiri.

"Indonesia berkomitmen mendukung Palestina secara optimal dan konkret. Kekerasan harus segera dihentikan. Pemindahan paksa warga sipil harus diakhiri. Bantuan kemanusiaan harus segera diberikan," tutur Jokowi.

Mahmoud Abbas menyampaikan apresiasi atas komitmen Indonesia dalam mendukung kemerdekaan Palestina. Dia juga berterima kasih atas bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk warga Palestina di Gaza.

Selain bertemu dengan Mahmoud Abbas, Jokowi juga mengadakan pertemuan dengan Raja Yordania Abdullah II bin Al-Husein.

Jokowi menyatakan dukungan kepada Raja Yordania dalam upaya mewujudkan perdamaian di Palestina. Dia pun mendorong Raja Yordania melakukan terobosan politik terkait masalah di Palestina.

"Mendukung upaya King Abdullah mendorong perlunya terobosan politik bagi dimulainya proses perdamaian menuju kemerdekaan Palestina," kata Jokowi.

Dalam pertemuannya itu Jokowi menegaskan posisi Indonesia dan Yordania yang sama soal masalah Palestina. Kedua negara akan tetap konsisten mendukung kemerdekaan Palestina.

 

Editor : Muh. Syakir
#Presiden Joko Widodo
Berikan Komentar Anda