Minggu, 10 Januari 2021 18:19

Pemerintah Dorong Pengembangan Industri Kapal Nelayan di Lamalaka Bantaeng

Istimewa
Istimewa

Bupati Bantaeng, Ilham Azikin pun mengakui potensi itu. Menandakan jika karya nelayan patut diperhitungkan.

BANTAENG, PEDOMANMEDIA - Pengadaan kapal bantuan nelayan di Kabupaten Bantaeng melibatkan pelaku usaha kecil menengah. Pemerintah setempat ingin mendorong pengembangan industri kapal, utamanya di Kelurahan Lamalaka.

Sabtu (09/01/2021) kemarin, ada sembilan unit kapal bantuan buah tangan nelayan, juga telah diberikan ke nelayan di Kelurahan Malaka. Bantuan itu diserahkan langsung Bupati Bantaeng.

Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Bantaeng, Rita Pasha, bantuan kapal itu didanai oleh Pemkab Bantaeng.

Baca Juga

"Jadi kapal-kapal ini dibuat oleh nelayan kita. Spesifikasinya dirancang sesuai kebutuhan nelayan," terang Rita.

Selain kapal, bupati lanjut Rita, juga menyerahkan bantuan alat tangkap ikan. Produksinya pun masih melibatkan para nelayan setempat.

"Semuanya melibatkan tenaga kerja di Bantaeng. Kecuali peralatan elektronik yang memang harus dibeli," jelasnya.

Dengan begitu, Pemkab Bantaeng diakuinya akan mendorong pengembangan pembuatan kapal oleh para nelayan. Apalagi, karya itu telah dilirik daerah lain, ingin memesan kapal di Bantaeng.

"Ini adalah efek positifnya. Sekarang sudah ada beberapa daerah yang memesan. Seperti Bulukumba dan Bone," ujar Rita.

Sementara itu, Bupati Bantaeng, Ilham Azikin pun mengakui potensi itu. Menandakan jika karya nelayan patut diperhitungkan.

Pemerintah kata dia, akan terus mendorong usaha kecil ini untuk terus berkembang. Sehingga wilayah Lamalaka menjadi salah satu pusat industri kapal nelayan.

"Kita ingin industri ini terus berkembang. Kita berharap Bantaeng ini menjadi rujukan untuk pembuatan kapal nelayan," ujarnya.

Sekadar diketahui, bantuan kapal buatan nelayan Bantaeng itu berspesifikasi 3GT dan 4GT. Dilengkapi dengan alat tangkap dan GPS pelacak posisi ikan.

Penulis : Syamsuddin
Editor : Budi Santoso
#Industri Kapal #Kapal Nelayan #Pemkab Bantaeng
Berikan Komentar Anda